search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Mendinginkan HP Xiaomi Panas Overheat 100% Ampuh

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – UPDATE! Tips paling jitu cara mendinginkan hp xiaomi yang panas atau overheat biar selalu adem dan baterai awet dalam pemakaiannya. Saat ini vendor Xiaomi memang sedang menguasai pasar kelas menengah smartphone di Indonesia, hal ini disebabkan karena Xiaomi hadir dengan membawa banyak kelebihan. Secara umum kelebihan tersebut adalah spesifikasi dan kualitas ponsel yang cukup memukau dengan harga terjangkau yang ditawarkannya.

Ditambah dengan fitur kamera depan dan belakang dengan resolusi tinggi yang dihadirkan, tentunya hal ini menambah “nilai jual” Xiaomi pada masyarakat. Tetapi sejurus dengan kelebihan yang ditawarkan ternyata Xiaomi juga memiliki kelemahan yaitu kerap terjadinya overheating. Untuk itu simak informasi berikut yang akan membahas mengenai tips dan cara mendinginkan HP Xiaomi yang panas sebagai berikut.

Cara Mendinginkan HP Xiaomi Panas

Cara Mendinginkan HP Xiaomi yang Panas

Sebelum masuk pada pembahasan cara mendinginkan HP Xiaomi yang panas, terlebih dahulu anda harus tahu penyebab terjadinya HP panas itu. Secara umum hal ini dapat terjadi dikarenakan HP melakukan kegiatan berat yang mencakup banyak aspek, mulai dari kecerahan, suara, koneksi internet hingga sistem RAM.

Apalagi kegiatan ini dilakukan secara berkepanjangan tanpa henti, terang saja HP menjadi ngelag dan panas. Karena sama juga seperti manusia, ketika manusia diberkan beban yang tidak sesuai kemampuannya pasti akan ngoyo dan berakhir dengan sakit. Sama halnya dengan ponsel yang juga punya batas maksimal dan memerlukan waktu 'istirahat'.

1. Jangan Mainkan HP Ketika Proses Charging

Cara mendinginkan HP Xiaomi yang mengalami overheating pertama yaitu jangan sekali-kali memainkan HP di cas. Hal ini disebabkan karena saat proses charge tersebut arus listrik yang masuk besar (akibat adanya fitur fast charging) sehingga tanpa dimainkan pun pada umumnya HP akan memanas.

Bagaimana jadinya jika ditambah dengan dimainkan? Tentu panas yang dihasilkan akan berlipat-lipat jumlahnya, belum lagi anda membuka social media atau game yang membutuhkan koneksi internet maka jangan bingung karena ini adalah salah satu penyebab hp panas saat di cas.

2. Jangan Paksakan Multitasking

Selanjutnya cara membuat hp xiaomi agar tetap dingin adalah dengan memperhatikan saat multi tasking. Sebetulnya dibalik harga HP Xiaomi yang murah menyebabkan processor dan RAM yang disematkan tidak begitu gahar, ibarat kata kedua komponen ini merupakan komponen yang bersinergi untuk menghasilkan tenaga pada ponsel. Tentunya ketika ponsel memiliki kekuatan sinergi yang tidak begitu besar hasil tenaga dari perpaduan itu juga tidak begitu besar atau dapat dikatakan loyo.

Salah satu cara mendinginkan hp xiaomi adalah dengan menyesuaikan antara pekerjaan yang diberikan dengan tenaga yang dimiliki, jangan sekali-kali memberatkan ponsel dengan dijejali berbagai macam kegiatan multitasking yang boleh jadi melampaui batas kemampuan yang dapat dilakukan dengan energi sebesar itu.

Seberapa gaharpun spesifikasinya jika dipaksakan terus menerus melakukan pekerjaan diluar kemampuannya pasti pada akhirnya akan sampai pada titik jenuhnya juga, untuk itu perhatikan baik-baik jangan sampai hal tersebut terjadi.

3. Jangan Hubungkan ke Internet Bila Tidak Perlu

Kemudian cara mendinginkan HP Xiaomi panas ketiga adalah meminimalisasi kegiatan yang tidak diperlukan seperti halnya menyalakan data internet ketika tidak dibutuhkan. Selain dapat membuat HP panas hal ini juga dapat membuat baterai xiaomi cepat habis. Untuk itu tidak perlu dinyalakan bila memang tidak diperlukan.

4. Minimalisasi Tampilan

Yang keempat adalah meminimalisasi tampilan layar HP, hal ini dilakukan guna mengurangi “pekerjaan” dari HP tersebut termasuk dalam tampilan. Tampilan disini dapat diartikan mulai dari tingkat kecerahan hingga widget atau animasi layar dan juga jangan membiarkan aplikasi tidak terpakai berada di background.

5. Update Firmware atau OS

Ada begitu banyak penyebab hp xiaomi overheat dan salah satu tujuan dihadirkannya sistem operasi atau firmware terbaru dari pabrikan adalah untuk mengatasi berbagai bugs yang membuat hp xiaomi lemot termasuk cepat panas. Dengan melakukan pembaruan terhadap sistem operasi terbaru, hal ini tidak menutup kemungkinan akan mempaiki bugs yang membuatnya cepat pasa.
Baca Juga: 10 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Agar Tidak Cepat Habis

Mungkin itulah sedikit tips dan cara mendinginkan HP Xiaomi cepat panas, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.