search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Menggunakan Android TV Box

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara Menggunakan Android TV Box. Sekarang ini android TV Box sedang populer. Tidak sedikit orang yang mencari tahu bagaimana sih cara menggunakan android TV Box ini. Sebelum mencari tahu bagaimana cara merakit perangkat ini ada baiknya bila mengetahui terlebih dahulu manakah model yang sesuai dengan kebutuhan.

Setidaknya ada dua jenis kategori yang bisa dipilih yakni android TV stick, memiliki ukuran lebih kecil seperti modem atau flashdrive. Kedua adalah android TV box dengan ukuran lebih besar. Model kedua ini yang biasanya paling banyak diminati.
Cara Menggunakan Android TV Box

Cara Menggunakan Android TV Box

Android TV Stick

Cara memasang android TV Box atau pun model stick berbeda. Dilihat dari komposisi unit barang juga berbeda. Untuk kategori model stick terdapat bentuk kotak atau persegi seukuran modem. Lalu, ada pula kabel port HDMI, slot memory card, serta port OTG.

Untuk melengkapi unit barang tersedia juga port untuk power sekaligus port micro USB. Model ini berbeda karena memiliki ukuran yang jauh lebih kecil sekaligus memiliki beberapa aksesoris tambahan lain.

Android TV Box

Sebelum mengetahui tata cara menggunakan android TV Box, sebaiknya mengetahui apa saja kira-kira yang ada pada model ini. Untuk android TV box, ia memiliki bentuk yang jauh lebih besar. Mirip sebuah set top box pada TV kabel atau seperti yang ada pada media player.

Lalu, ada juga aksesoris berupa port USB, slot kartu memori, port penghubung ke jaringan kabel internet seperti LAN. Sebagai tambahan ada pula port SPDIF yang digunakan khusus untuk output audio digital. Jika berbicara tentang jumlah port maka ada setidaknya tiga sampai empat port.

Cara Menghubungkan Lewat WIFI

Seperti yang sebelumnya telah disinggung, pada dasarnya cara kerja produk ini sama selayaknya menggunakan smartphone. Jika ingin menghubungkannya lewat WIFI atau jaringan nirkabel maka caranya adalah membuka menu “pengaturan” melalui smartphone.

Lalu, dilanjutkan dengan jaringan wireless. Pilihlah bagian akses point pada jaringan hotspot atau WIFI. Setelah bagian tersebut tersambung maka jaringan sudah tersambung dan perangkat sudah bisa langsung digunakan.
Baca juga:

Cara Menghubungkan Lewat LAN

Cara ini digunakan untuk kamu yang memilih tipe kedua. Langkah menghubungkannya dilakukan melalui port LAN. Bagian ini langsung terhubung ke internet. Bagian ini hanya tersedia untuk model android TV model Box.
Diperlukan pengaturan lebih lanjut ke bagian media player yang ada di android, melakukan setting, lalu menghubungkannya ke internet agar bisa digunakan. Kelebihan androd TV Box ini dibandingkan dari TV biasa tentu saja ada pada fungsinya yang sama dengan smartphone sehingga memudahkan pengguna untuk memiliki pengalaman menonton secara lebih luas.

Terkadang beberapa orang mungkin masih penasaran tentang apakah mungkin bila memasangkan TV biasa. Bila perangkat tersebut memiliki kabel port HDMI maka dapat disambungkan. Tapi apabila belum maka hanya tersedia RCA converter.

Media ini akan membantu merubah output digital dari yang ada di Google TV Box ke bagian output analog. Demikianlah cara menggunakan android TV Box serta tipe pilihan yang bisa membantu kamu memilih mana yang tepat.