search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Menghemat Baterai HP VIVO Agar Awet dan Tidak Boros

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara menghemat baterai vivo agar tahan lama dan tidak cepat habis. Vivo merupakan salah satu vendor Smartphone yang mampu menembus pasar smartphone di Indonesia. Hal tersebut tentunya beralasan. Dimana memang banyak pengguna smartphone yang jatuh hati pada produk yang ditawarkan vivo. Hal tersebut dikarenakan produknya memang sengaja dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Tujuannya adalah untuk menjadikan kualitas dan spesifikasi yang diberikan tidak hanya asal-asalan namun lebih ke arah terjamin mutunya termasuk untuk dapat lebih menghemat baterai vivo agar tidak boros. Sehingga hal tersebut lah yang menjadikan salah satu daya tarik dari HP Vivo Android. Walaupun memiliki beberapa kelebihan di beberapa sector, HP Vivo android juga banyak dikeluhkan memiliki baterai yang cepat habis atau boros.
Cara Menghemat Baterai VIVO

Solusi dan Cara Menghemat Baterai Vivo Yang Boros

1. Gunakan Fitur Hemat Baterai

HP Vivo Android memang memberikan fitur yang beragam dan tentunya bisa dimanfaatkan oleh penggunanya secara maksimal. Salah satunya adalah fitur penghemat baterai. Dimana pada android Vivo Smartphone, kamu bisa mengaktifkan fitur smart saving mode yang terdapat beberapa pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa mengaktifkan ultra saving mode ataupun optimized mode.

2. Membatasi Widget

Penggunaan widget pada tampilan utama pada layar memang memberikan pintasan yang bisa mempercepat dalam pencarian suatu aplikasi yang akan digunakan. Namun tanpa disadari dengan banyaknya widget juga mampu menjadikan baterai HP Vivo Android kamu menjadi lebih boros atau cepat habis.

Nah bagi kamu yang memiliki beberapa widget pada layar home yang selalu memperbaharui setiap saat secara otomatis seperti halnya cuaca, gmail, facebook, twitter dan masih banyak lagi, maka widget tersebut lah yang banyak menguras penggunaan daya baterai kamu. Tentunya sangat disayangkan jika baterai vivo menjadi cepat habis untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Untuk itulah kamu harus membatasi penggunaan widget pada layar home.

3. Non-aktifkan Fitur Pendukung

Salah satu cara mengatasi HP Vivo Android cepat habis baterai adalah dengan me-nonaktifkan beberapa fitur pendukung pada HP Vivo Android seperti penggunaan data, Wi-Fi, Blueetooth ataupun GPS. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Pasalnya jika fitur-fitur tersebut menyala tentunya akan secara otomatis mencari sinyal. Hal tersebut tentunya akan memakan banyak daya baterai. Untuk itulah ketika sedang tidak digunakan ada baiknya kamu me-nonaktifkan fitur-fitur tersebut.

4. Gunakan Pemberitahuan Layar Kunci

Salah satu tips menghemat baterai hp vivo android adalah dengan mengaktifkan pemberitahuan layar kunci. Cara ini dianggap sebagai cara yang efektif karena kamu dapat sekilas melihat pemberitahuan yang masuk tanpa harus membuka seluruh layar ataupun membuka aplikasinya. Fitur ini bisa kamu manfaatin pada jenis Vivo Andorid sekelas Lolipop namun jika masih menggunakan android Kitkat atau sistem operasi sebelumnya bisa menggunakan widget layar kunci yang bisa di unduh di playstore. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan semua pemberitahuan tanpa harus membuka ponsel android Vivo kamu sepenuhnya.

5. Non-aktifkan Getaran dan Umpan Balik

Tentunya kamu juga sering tidak menyadari jika getaran pada HP kamu ternyata menjadi salah satu penyebab baterai vivo cepat habis. Hal tersebut dikarenakan motor elektrilk yang digunakan untuk menggerakkan getaran memang menguras energi daya baterai secara besar. Dengan demikian ketika kamu sedang tidak membutuhkan mode getaran pada HP, sebaiknya hindari penggunaan mode getar baik pada telephone masuk, sms, atau getaran umpan balik.
Baca juga:

6. Matikan Fitur Pintar Android

Vendor Vivo memang menanamkan beberapa fitur pintar yang memudahkan penggunanya. Namun banyak sekali fitur pintar pada Vivo nadroid sebut saja auto rotation yang memang memudahkan dalam menggunakan smartphone kamu. Namun tanpa disadari fitur pintar tersebut ternyata menguras banyak daya baterai. Walaupun memang memudahkan, kamu harus lebih bijaksana dalam menghemat daya baterai yang kamu gunakan.

7. Setting Waktu Tidur

Salah satu cara mengatasi HP Vivo boros baterai adalah dengan mengatur waktu tidur android. Dimana waktu tidur yang dimaksudkan adalah waktu ketika layar HP vivo android akan mati secara otomatis ketika tidak digunakan dalam selang beberapa waktu yang telah ditentukan. Tentunya dapat dilogika dimana semakin lama layar HP menyala tentunya penggunaan daya baterai juga akan semakin besar. Mengingat layar memang merupakan salah satu penguras daya baterai yang cukup besar bagi smartphone Android. Untuk itulah kamu harus menyetting waktu tidur HP Vivo android kamu sesingkat mungkin.
Baca juga:

8. Pengaturan Tingkat Kecerahan Layar

Pengaturan yang satu ini memang perlu kamu perhatikan. Dimana dengan mengatur tingkat kecerahan layar Hp tentunya akan mendatangkan manfaat dalam menghemat baterai vivo agar tidak boros. Usahakan untuk tidak mengaktifkan auto brigteness. Pasalnya fitur tersebut merupakan fitur yang membutuhkan daya baterai yang cukup besar karena harus mengkondisikan HP Vivo kamu bisa beradaptasi dengan kecerahan suatu tempat.untuk itulah lakukan pengaturan tingkat kecerahan layar secara manual.

9. Pilih Wallpaper Berwarna Gelap

Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat jika HP Vivo Android kamu sudah memiliki layar sekelas Amoled. Dimana dengan menggunakan wallpaper berwarna gelap akan menjadikan cara penghematan daya baterai. Pasalnya layar amoled hanya menerangi bagian layar yang berawarna saja. Dimana sudah terdapat beberapa percobaan dengan menggunakan layar yang gelap atau hitam pada HP amoled, dimana akan menghemat daya baterai sekitar 6 %.

10. Manfaatkan Fitur Detail Penggunaan Baterai

Pada HP Vivo android tentunya terdapat fitur yang dapat menunjukkan detail penggunaan baterai. Dimana dengan mengetahuinya, kamu akan menjadi tahu aplikasi apa saja yang banyak memakan daya baterai kamu. Dengan demikian kamu bisa melakukan penghematan dengan pengontrolan penggunaan aplikasi tersebut.

Nah itulah beberapa tips cara menghemat baterai hp vivo android agar awet, yang bisa kamu terapkan pada HP Vivo kamu. Tentunya cara-cara diatas cukup mudah di aplikasikan dan di ikuti agar baterai HP Vivo Android kami menjadi tidak cepat habis ataupun boros.