search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Konek

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comMengatasi wifi android tidak bisa konek ke internet bisa kamu lakukan dengan beberapa cara berikut. Saya termasuk orang yang setiap hari mengandalkan wifi untuk browsing, online di media sosial, nonton youtube dan bermain game. Alasannya satu, karena koneksi wifi lebih cepat dan tidak membuang waktu lama hanya untuk memuat sebuah tampilan online. Berbeda dengan layanan paket data kartu SIM yang lebih sering lemot.

Saat tersedia sebuah jaringan wireless, entah itu dari public hotspot maupun mobile hotspot maka akan muncul sebuah ikon wifi yang aktif pada notification bar. Kita bisa dengan mudah menyambungkannya ke smartphone tapi ternyata pada saat akan mencoba nonton YouTube, tidak terkoneksi ke internet. Ada beberapa kejadian yang sering saya alami, wifi Android saya terhubung ke hotspot tetapi tidak bisa mengakses internet. Apa yang salah? Bagaimana cara mengatasi wifi android connect tapi tidak bisa browsing?

Wifi Andriod Tidak Bisa Connect

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Akses Internet

Solusi untuk memperbaiki masalah ini, pertama perhatikan dulu hotspot siapa yang sedang Anda gunakan? Apakah hotspot publik dari modem router ataukah personal hotspot dari smartphone lain? Apakah wifi Android tidak bisa mengakses internet hanya pada smartphone Anda atau juga orang lain? Jika Anda punya otoritas untuk menggunakannya, lakukan cara berikut ini.

  1. Settings Time and Date. Sebelum saya menyarankan hal lain, periksa terlebih dahulu pengaturan tanggal dan jam pada kedua perangkat yakni Android dan modem router. Perbaiki agar sesuai dengan waktu saat ini kemudian coba browsing. Kita tidak akan bisa mengakses internet jika waktu tidak diatur dengan benar.
  2. Forgot Network atau Lupa Jaringan. Yang akan kita lakukan adalah menghapus hotspot yang sudah tersimpan di Android dan bermasalah. Caranya tap Settings > WiFi > tekan nama hotspot selama 2 detik kemudian tap Forgot Network. Sekarang, restart Android dan modem router kemudian coba sambungkan kembali.
  3. Jangan Aktifkan Anti Virus. Anti virus smartphone memang penting untuk menjaga data dan privasi Anda ketika online. Tetapi, ia juga bisa memblokir agar Android tidak bisa mengakses internet dari hotspot publik yang sedang Anda gunakan.
  4. Wifi Android Tidak Bisa Menyala. Jangankan mengakses internet, wifi Android bahkan tidak bisa aktif. Artinya ikon wifi tidak muncul di notification bar. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan langkah pada no 5.
  5. Bersihkan Cache Android, Lepas Baterai dan Reboot. Gunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan cache. Matikan Android kemudian lepaskan baterai, diamkan selama 30 detik agar chipset tidak menerima energi dari baterai. Selanjutnya reboot smartphone dan sambungkan kembali ke wifi.
  6. Wifi Android Connect Kemudian Disconnected Dengan Sendirinya. Pada smartphone Android, lakukan “Wipe cache partition” yang tidak akan menghapus data pribadi. Caranya Anda harus masuk kedalam recovery mode sesuai dengan merk smartphone Anda kemudian pilih “Wipe cache partition”. Sementara pada modem router atau sumber hotspot itu sendiri, Anda bisa reboot ulang.
  7. Pasang Aplikasi Wifi Fixer. Wifi Fixer akan menganalisa jaringan kemudian memperbaiki koneksi wifi yang lemah agar menjadi lebih kuat agar bisa mengakses intenet. Jika Anda menggunakan hotspot yang juga digunakan banyak orang, maka aplikasi ini adalah jawabannya. Pasang dari Play store.

Cara mengatasi wifi Android tidak konek ke internet diatas adalah solusi yang biasa saya lakukan ketika wifi Android tidak berfungsi. Beri komentar langkah nomor berapa yang berhasil agar orang lain pun mencobanya.
Baca juga: