search-button

Sep 10, 2018

Cara Membuat QR Code Sendiri Menggunakan Foto

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara membuat qr code sendiri menggunakan foto tau gambar sebenarnya sangat mudah. Bagi sebagian pengguna mungkin belum mengetahui dan mengerti apa itu qr code? QR code adalah Quick Response Code yang terdiri dari rangkaian bentuk kotak-kotak hitam da putih yang berisikan alamat URL atau informasi lain agar bisa dibaca oleh kamera smartphone dan perangkat pembaca qr code.

Pada awalnya, Anda mungkin sering melihat bentuk ini dikemasan produk tertentu ketika membeli barang di super market. Tetapi saat ini, qr code juga digunakan oleh pengembang aplikasi seperti BBM dan LINE dimana setiap pengguna dapat mengundang satu sama lainnya hanya dengan menggunakan kode ini. Dan tentu saja, Anda pun dapat membuat qr code sendiri untuk menyimpan informasi didalamnya menggunakan aplikasi di smartphone Android.

Cara Membuat QR Code Sendiri

Cara Membuat QR Code Sendiri di Android Menggunakan Gambar


Edge QR adalah aplikasi serbaguna dimana dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membaca dan membuat qr code sendiri. Hal yang membuatnya berbeda dari aplikasi pembuat qr code Android lain ialah karena ia memiliki fitur penambah gambar atau foto sendiri. Pada dasarnya, Anda dapat membuat qr code yang berisikan alamat URL, Kontak, Lokasi, Pesan SMS bahkan teks khusus yang berisi informasi rahsia untuk teman Anda.
  1. Pasang aplikasi Edge QR di Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian tap jenis informasi yang ingin Anda buat. Disini saya ingin membuat Teks.
  3. Isikan teks didalam kolom kemudian tap tombol centang.
  4. Selanjutnya, tap open gallery untuk menambahkan foto atau gambar kedalam qr code yang mana posisinya akan berada ditengah.
  5. Terakhir tap tombol Save lalu lihat hasilnya didalam album gallery smartphone Anda.

Kesimpulannya, beberapa waktu lalu saya pernah membuat tutorial yang sama mengenai cara membuat qr code di Android. Tetapi kali ini menggunakan aplikasi yang berbeda dimana pengguna dapat menambahkan gambar atau foto sendiri yang berhubungan dengan informasi dalam kode tersebut.
Baca juga: