search-button

Sep 10, 2019

Cara Blokir Aplikasi Android Yang Mengakses Internet

   
Advertisements
Advertisements
HeyRid.com – (🔥UPDATED) Cara memblokir aplikasi Android agar tidak mengakses internet sehingga akan lebih hemat baterai dan data. Tak terhitung, ada banyak sekali aplikasi dan game yang terpasang di smartphone saya. Mulai dari aplikasi tools, produktifitas dan lain sebagainya. Begitu pun dengan game yang sering saya mainkan. Mulai dari permainan MMO strategy seperti clash of clans hingga balap mobil. Dari semua itu, dipastikan pada saat membukanya mereka akan mengakses internet untuk menampilkan semua fitur atau sekedar untuk mendapatkan analis data tentang bugs dari para penggunanya.

Disisi lain, tak jarang aplikasi seperti media sosial atau chat akan berjalan pada latar dimana mereka selalu mengakses internet untuk menampilkan push notification kepada kita. Contohnya saja seperti facebook, twitter, LINE maupun yang lainnya. Penting memang untuk mendapatkan pemberitahuan tersebut namun hal ini juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat baterai smartphopne dan paket data intenet kamu cepat habis. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memblokir aplikasi Android yang mengakses internet sehingga kamu dapat mengontrolnya sendiri.

Cara Memblokir Aplikasi Android Agar Tidak Bisa Internet

Cara Memblokir Apliksi Android Agar Tidak Mengakses Internet

Mobiwol: NoRoot Firewall adalah salah satu aplikasi firewall Android terbaik yang menjadi andalan saya untuk memblokir akses internet yang diminta oleh aplikasi tertentu. Seperti Instagram, BBM, LINE, WhatsApp dan Skype. Sebagai contoh, ketika saya mengaktifkannya maka saya tidak akan menerima chat dari BBM maupaun WA tetapi tidak mematikan koneksi internet itu sendiri.
Mobiwol akan bekerja pada background dan membaca semua connection logs yang dilakukan oleh aplikasi yang terpasang ketika mengakses internet melalui wifi atau paket data. Fitur utama yang paling saya sukai adalah, kita dapat menentukan sendiri aplikasi mana yang ingin diblokir.

Sebagai contoh agar mudah kamu pahami, disini saya akan memblokir aplikasi LINE agar tidak mengases internet dari paket data.
  1. Pasang aplikasi Mobiwol dari Google Play.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian tap Firewall Rules. Disini kamu akan melihat semua aplikasi dan game yang telah terpasang di smartphone.
  3. Kamu akan melihat ikon signal dan wifi berwarna biru yang menandakan aplikasi tersebut dapat mengakses internet melalui paket data dan wifi.
  4. Selanjutnya, cari aplikasi LINE dan tap ikon signal hingga berwarna hitam.
  5. Sekarang, LINE telah terblokir mengakses internet paket data dan saya tidak akan menerima pesan yang masuk.

Kesimpulannya, Mobiwol dapat bekerja dengan baik pada smartphone non-root dan ia memiliki dua pilihan cara untuk memblokir, yaitu akses internet dari paket data dan wifi. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kamu dapat dengan mudah memblokir aplikasi Android agar tidak mengakses internet.
Baca juga: