search-button

Sep 10, 2019

5 Penyebab SD Card Tidak Terbaca Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Ketahui apa saja penyebab kartu memori SD card tidak terbaca di Android. Memori eksternal merupakan alat tambahan yang dapat kita pasangkan ke smartphone. Tujuannya tidak lain untuk menambah kapasitas penyimpanan di hp kita. Layaknya memori internal, sd card pun memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai jenis file dan media hiburan. Bahkan ketika dipasangkan dengan smartphone, kita bisa memasang aplikasi agar nantinya terinstal dan datanya pun tersimpan di SD card.

Setelah lama kita memasangkannya dengan smartphone dan menyimpan berbagai file penting didalamnya, kartu memori ini akan menghadapi kendala yakni sd card tidak terbaca di Android. Lalu apa penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab SD Card Tidak Terbaca Di Android

Penyebab Memori SD Card Tidak Terbaca Di Android

Pastinya akan ada alasan yang berbeda antara pengguna satu dengan yang lainnya. Namun yang akan dibahas berikut ini adalah beberapa penyebab umum yag sering terjadi dan mungkin saja saat ini pun sd card Anda tidak terbaca di Android karena masalah berikut.

  1. Kartu Memori Eksternal Yang Kotor.
    SD card yang dalam kedaaan tidak bersih akan menyulitkan perangkat untuk membacanya. Hal ini bisa disebabkan oleh benda asing yang menempel seperti debu atau minyak dan kotoran lain dari jari Anda ketika menyentuh bagian Chip Select (berwarna kuning).
  2. SD Card Kurang Tertekan atau Terlalu Tertekan.
    Untuk smartphone yang memiliki slot micro SD dibawah baterai, pastikan Anda memsangkannya dengan letak yang pas. Mungkin saja Anda menyisipkan benda lain diatas baterai kemudian ditutup oleh chasing smartphone yang justru akan semakin menekannya.
  3. SD Card Yang Berkarat atau Tergores.
    Perhatikan pada bagian Chip Select yang berwarna kuning. Apakah terdapat karat atau goresan diatasnya? Hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaaan Anda yang sering melepas dan memasangkannya.
  4. Kartu Micro SD Telah Error atau Corrupted.
    Kartu memori eksternal digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Disini kita menyimpan berbagai file dan dokumen dari PC, sharing bluetooth atau hasil download yang mungkin saja mengandung virus. Tak hanya itu saja, beberapa pengguna sering memindahkan aplikasi ke memori eksternal yang menyebabkan error akibat adanya malware didalam aplikasi tersebut.
  5. Smartphone Yang Rusak.
    Jika Anda sudah memeriksa namun tidak menemukan masalah seperti yang dijelaskan pada keempat alasan tersebut. Peyebab SD card tidak terbaca di Android mungkin datang dari smartphone itu sendiri. Untuk memastikannya, pasangkan sd card ke smartphone lain.

Segala kemungkinan dan penyebab SD card tidak terbaca di Android bisa bermacam-macam. Termasuk yang telah saya jelaskan tersebut. Sekali lagi, antara Anda dan yang lainnya akan menghadapi penyebab yang berbeda.
Baca juga: