search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Format SD Card Di Android (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Begini cara format sd card di hp Android agar berhasil dan dapat digunakan kembali. Jika kita mendapati memori ekternal Android yang sudah tidak berfungsi dengan baik maka hal ini akan mempengaruhi kinerja smartphone. Penyebabnya bisa karena error atau sudah corrupted. Untuk mengatasi hal ini, tentu saja pilihan kita adalah melakukan format micro SD tersebut agar bisa kembali berjalan dengan baik.

Cara format sd card di Android dapat kita lakukan dengan menggunakan 2 cara. Pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan Android dan kedua dengan menggunakan aplikasi tools yang memiliki kemampuan untuk memformat sd card. Kedua cara ini tujuannya sama saja yakni untuk menghapus dan membersihkan semua file yang ada didalam memori eksternal smartphone Anda. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Format Kartu Memori Eksternal Langsung Di Android

Jika kartu memori eksternal masih menyimpan file atau dokumen yang sangat penting, pastikan untuk membackupnya terlebih dahulu. Tetapi bagi Anda sudah tidak bisa membuka atau melihat file didalmnya, bisa langsung melakukan format dengan catatan semua file yang tidak bisa dibuka tersebut akan terhapus.

  1. Menggunakan Fitur Bawaan Smartphone.
    Cara Format SD Card Di Android
    • Tap Setting kemudian tap Penyimpanan/Storage.
    • Gulirkan kebawah kemudian pilih Format kartu SD.
    • Selanjutnya akan muncul tombol FORMAT SD CARD.
    • Tap tombol tersebut, kemudian konfirmasi DELETE ALL/HAPUS SEMUA.
    • Tunngu hingga prosesnya selesai

  2. Menggunakan Aplikasi Tool.
    Cara Format Kartu Memori SD Di Android
    Paragon exFAT, NTFS & HFS+ adalah aplikasi Android yang dapat membaca kartu memori eksternal dengan berbagai format yang salah satunya adalah NTFS. Ia dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk memformat sd card di Android ketika Anda selalu gagal seperti cara kesatu yakni dengan menggunakan fitur bawaan.
    Aplikasi ini membutuhkan akses root yang artinya hp Android Anda harus sudah dalam keadaan rooted. Caranya Anda hanya perlu memasang Paragon exFAT kemudian memilih dan mengatur sd card apakah ingin di format kedalam exFAT, NTFS dan HFS+. Semua jenis format tersebut dapat terbaca dan berjalan dengan baik menggunakan aplikasi ini. Pasang dari Google Play.

Cara format kartu SD seperti yang telah saya jelaskan diatas, dapat dilakukan langsung baik itu di smartphone maupun tablet Android.
Baca juga :