search-button

Dec 24, 2017

Wow Keren! Cara Membuat Foto 360° Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tak hanya video, kamu dapat memotret dan membuat foto 360 derajat di Android dengan sangat mudah. Tren video 360° yang saat ini sedang banyak ditonton oleh para pengguna smartphone sepertinya juga akan datang terhadap foto. Teknologi terbaru ini pun memungkinkan kamu yang melihatnya dapat mengeksplorasi isi konten didalam foto 360° ke setiap arah dan sisi. Konten seperti ini akan sangat lebih asyik jika kamu melihatnya dengan menggunakan virtual reality seperti Google Cardboard.

Perbedaaan yang dirasakan saat melihat dan membandingkan antara video dan foto 360° terletak pada gambar yang tidak hidup dan bersuara. Namun kamu tetap bisa merasakan dan mengabadikan moment seru seperti ketika berlibur dengan cara memfoto 360° di Android. Tak hanya itu, ketika kamu ingin membuat video 360°, kamu memerlukan kamera khusus yang harganya ratusan hingga ribuan dollar seperti dari action camera GoPro. Tetapi bagi kamu pembaca setia blog ini, saya akan tunjukkan bagaimana cara membuat foto 360 derajat menggunakan Android.
Cara Membuat Foto 360 Derajat Di Android

Cara Membuat Foto 360 Derajat Menggunakan Kamera Android

Panorama 360 adalah aplikasi kamera 360° Android yang memungkinkan kamu untuk membuat foto 360 derajat dengan kualitas yang sangat tinggi. Sebagai contoh, jika kamu sedang memancing disebuah pulau kecil, maka kamu hanya perlu menggunakan aplikasi ini kemudian mengambil foto dengan cara memutarkan badan kamu agar kamera dapat memfoto apa saja yang ada disekeliling pulau tersebut. Hebat bukan?

Aplikasi Kamera Pembuat Foto 360 Derajat Di Android

  1. Pasang aplikasi Panorama 360 dari Google Play.
  2. Buka aplikasinya kemudian buatlah sebuah akun baru.
  3. Setelah akun dibuat, tap Menu » My Panoramas.
  4. Tap ikon kamera disudut atas untuk membuat foto 360 derajat.
  5. Posisikan smartphone kamu pada mode portrait.
  6. Jika sudah benar, kamu dapat memilih 3 mode yang berbeda yakni “Standard, Manual dan Realtime”. Disini saya sarankan kamu menggunakan mode Realtime karena proses pembuatannya lebih mudah. Kita hanya perlu mengikuti arah dan memasangkan titik temu.
  7. Tap tombol start untuk memulai kemudian ikuti arah yang terlihat.
  8. Jika sudah memfoto secara keseluruhan yakni 360 derajat, tap tombol Done.
  9. Selanjutnya kamu dapat menyimpan dan mempostingkannya didalam aplikasi tersebut atau dibagikan ke media sosial lain.
  10. Eksplorasi isi foto yang telah kamu buat dengan cara menggeserkannya menggunakan jari kamu.

Aplikasi ini tak hanya untuk membuat foto 360 derajat di Android, kamu pun dapat mempublikasikannya agar dapat dilihat oleh sesama pengguna Panorama 360 atau melihat hasil karya mereka dari seluruh dunia.
Baca juga: