search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Berhasil! Cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi Android karena Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat. Berbagai kendala pada Smartphone Android akan sering Anda hadapi terutama pada HP yang hanya memiliki kapasitas penyimpanan internal yang sangat kecil. Tidak terkecuali pada merk apapun karena hal ini bisa saja terjadi pada HP Oppo, Samsung, Sony Xperia, LG, Smartfren Andromax, Lenovo, Asus Zenfone dan berbagai merk lainnya. Lalu sebenarnya apa penyebab terjadinya error tersebut?
Jika saat ini Anda sedang mengalami kendala error seperti tidak cukup ruang pada perangkat Android, atau terjadinya kesalahan saat mengunduh sebaiknya simak terlebih dahulu hal umum apa saja yang bisa menyebabkan masalah tersebut terjadi.

Penyebab Terjadinya Kesalahan Saat Mengunduh Di Play Store

  • Ruang penyimpanan internal sudah sangat penuh karena banyaknya aplikasi yang telah dipasang sehingga tidak memungkinkan bagi aplikasi baru yang akan di instal bisa masuk.
  • Cache yang menumpuk dan belum pernah dibersihkan. Cache adalah file sementara yang salah satu berfungsi adalah membantu sistem untuk mempercepat proses pemuatan baik itu pada ratusan foto di galerry, ketika kita menggunakan aplikasi maupun pada saat kita online seperti di facebook, twitter dan instagram. Tetapi tahukah Anda bahwa cache ini bisa rusak sehingga yang tadinya harus membantu justru malah menjadi sumber penyebab terjadinya error.

Mengatasi Error Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Di Android

  1. Memindahkan Aplikasi Yang Sudah Terpasang Agar Tersimpan Di Kartu MicroSD.
    Tidak semua HP Android memiliki fitur ini, tetapi biasanya Android dengan OS Kitkat sudah memilikinya. Jika ternyata Android yang Anda gunakan tidak memiliki fitur ini Anda bisa mengikuti cara kedua.
    Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat
    • Tap Pengaturan (Settings) > Penyimpanan (Sorage) yang terdapat pada tab Umum (General).
    • Gulirkan kebawah lalu pilih Lokasi pemasangan yang disukai (Preferred install location) > Kartu SD (SD card).
    • Selanjutnya tap kembali Pengaturan lalu pilih Kelola Aplikasi( Manage Applications).
    • Pada tab Diinstal, Anda akan melihat berbagai aplikasi yang telah dipasang lalu pilih aplikasi mana yang akan dipindahkan.
    • Sebagai contoh pada gambar memilih aplikasi Box lalu tap Pindah ke SD ( Move to SD Card).
  2. Bersihkan Cache atau Data dari setiap Aplikasi.
    Hati-hati ketika melakukan cara ini. Kita akan membersihkan cache atau data di memori internal yang sudah menumpuk dari aplikasi yang sering kita gunakan tetapi tanpa menggunakan aplikasi pembersih cache. Adapun aplikasi yang sering menyimpan banyak cache adalah aplikasi Browser Google Chrome, Opera Mini, Facebook, Twitter, Instagram, Aplikasi Galeri, Clean Master maupun Game.
    Cara Mengatasi Kesalahan Saat Mengunduh
    • Tap Pengaturan (Settings) lalu pilih Kelola Aplikasi ( Manage Applications).
    • Pada tab Diinstal (Downloaded) pilih satu aplikasi seperti Air Droid lalu tap Bersihkan data (Clear data) atau Bersihkan cache (Clear cache).
Baca juga :
Kedua cara tersebut bisa dilakukan pada Smartphone Android tanpa root untuk mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat. Tetapi jika masalahnya masih tetap ada, mungkin Anda bisa mencoba untuk melakukan root dan pindahkan aplikasi dengan menggunakan Link2SD ke kartu memori eksternal.