search-button

Jul 5, 2017

10 Fitur Android 8.0 Oreo Terbaru, Bikin Smartphone Lebih Baik

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Inillah 10 Fitur Android Oreo Terbaru yang Bakal Bikin Smartphone Lebih Baik. Setelah google merilis Android 7.0 Nougat, kini google akan kembali merilis sistem operasi terbarunya yakni android yang konon bernama android Oreo. Ya meskipun ada juga beberapa gosip yang menyebutkan bahwa inisial “O” ini bukan Oreo melainkan Outmeal. Terlepas dari penamaannya, ada baiknya jika kita lihat fitur apa saja yang ada di Android terbaru ini.

Fitur Android Oreo Terbaru

Fitur Baru Android 8.0 Oreo

1. Background Restrictions: Baterai Lebih Hemat

Bagi anda yang menginginkan fitur yang mampu menghemat energi baterai smartphone anda, maka smartphone dengan versi oreo ini akan membuat baterai anda menjadi lebih hemat. Pada layar anda akan terdapat kendali aplikasi yang akan bekerja secara intensif. Bidang tersebut meliputi siaran implisit, layanan latar belakang dan juga update lokasi.

Dengan perubahan inilah yang akan membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam membuat aplikasi seminimal mungkin dalam menggunakan data. Tak hanya itu, android juga sudah menyiapkan berbagai fitur yang meningkatkan kinerja perangkat anda yang bernama Background Restrictions.

2. Snooze Notifications: Menunda Pemberitahuan Notifikasi Secara Individu

Selanjutnya, bagi anda yang memiliki saluran pemberitahuan, maka anda dapat berbahagia karena google sudah memperbaharui sistem notifikasi. Melalui peningkatan fitur Android Oreo ini, maka anda dapat dengan mudah mengontrol berbagai pemberitahuan yang masuk di layar smartphone. Tak hanya itu, anda dapat mengelompokkan berdasarkan kategori dan dapat menunda atau memblokir notifikasi yang masuk. Hal inilah yang akan membantu Anda dalam mengontrol berbagai pemberitahuan dan semua notifikasi yang masuk.
Baca juga:

3. Autofill Framework: Pengisisan Kolom Lebih Mudah

Bagi anda yang ingin memasukkan data informasi secara berulang-ulang pada kartu kredit, alamat atau password, maka untuk mengurangi kesalahan dan menghemat waktu disediakanlah fitur autofill framework. Fitur baru android oreo ini akan memberikan kemudahan bagi anda terlebih bagi anda yang ingin memasukkan password secara otomatis kedalam akun tertentu tanpa harus mengetik ulang kalimat yang sama. fitur ini akan sangat membantu anda dan juga memudahkan anda terlebih jika anda memiliki akun tertentu yang setiap saat harus log ini dan juga log out.

4.  Picture-in-Picture Mode: Nonton Video Saat Menjalankan Aplikasi Lain

Selanjutnya adalah picture in picture atau PIP. Fitur Android Oreo ini sebenarnya sudah lebih dulu ada di  Android TV. Dengan fitur ini anda anda dapat melakukan panggilan ataupun menjawab chattingan sembari melihat video. Fitur ini bekerja dengan cara menempatkan video kedalam mode pip dengan berhenti sejenak.

Pengguna pun juga dapat menentukan rasio dan juga dapat mengatur interaksi. Fitur ini tidak menggunakan jendela peringatan pada layar smartphone. Disana akan ada notifikasi atau pemberitahuan dengan pemberitahuan jendela overlay dan juga multi-windows.

5. Notification Channels: Membuat Saluran Pemberitahun Berdasarkan Kategori

Untuk membantu pengguna mengelola berbagai notifikasi dari aplikasi tertentu, maka disediakanlah fitur baru android oreo agar bisa lebih terpadu. Pengguna bisa membuat saluran notifikasi dengan menargetkan aplikasi tertentu dari fitur ini. Misalnya membuat beberapa saluran notifikasi dari aplikasi chat seperti WA dan BBM..

6. Wi-Fi Aware: Menyaring Perangkat Baru yang Tersedia

Fitur Android Oreo terbaru yang bernama Wi-Fi Aware ini akan bekerja ketika menemukan perangkat baru yang sebelumnya belum tersimpan. Tujuannya adalah untuk membuat kelompok agar perangkat baru ini tidak bisa berbuat apa-apa ketika terhubung. Misalnya tidak bisa mengirim file karena tersaring ke fitur Wi-Fi aware ini.

7. Hi-Fi Bluetooth: Kualitas Audio Menjadi Lebih Baik

Dengan adanya fitur baru Android Orea ini, teknologi Hi-Fi akan membuat speaker atau headset bluetooth yang terhubung akan memberikan kualitas audio yang lebih baik. Termasuk Sony LDAC dan pastinya perangkat bluetooth lain harus sudah mendukung dengan codec ini.
Baca juga:

8. Adaptive Icons: Bentuk Ikon yang Berbeda-beda

Bagi yang sering mengubah tampilan ikon menggunakan launcher pihak ketiga, kali ini kita tidak perlu membeli ikon pack lagi karena fitur baru Android O ini bisa merubah bentuk ikon yang disesuaikan dengan perangkat yang sudah mendukung adaptive launcher icons. Kita bisa membuat bentuk ikon sendiri, mau melingkar atau hanya berbentuk kotak saja.

9. Inverted Theme: Mengubah Tema Menjadi Gelap atau Bercahaya

Melakukan kostumisais pada tampilan “Settings” agar bisa merubah warnya biasanya saya melakukan root dan menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga. Namun dalam fitur baru Android Orea ini, pengguna bisa mengubah warna menjadi dark atau gelap dari dalam pengaturan “Dispsy” didalam pengaturan.

10 Hadirnya Emoji Baru

Semua orang menyukai emoji termasuk saya, apalagi jiga digunakan saat chatting biar becandanya makin asyik. Di Android O ini, emoji baru yang hadir memberikan warna gradient seerta bentuk yang lebih lucu.

Itulah beberapa fitur terbaru Android Oreo yang bisa digunakan oleh pengguna. Tentu saja, kita harus menunggunya sangat lama jika tidak membeli smartphone buatan google yaitu Google Pixel.