search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Masuk Safe Mode Android Samsung Semua Versi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Masuk Safe Mode Android Samsung Semua Versi. Apakah Anda tahu bahwa di ponsel Android mempunyai fitur safe mode? Mode aman pada Android sama halnya seperti safe mode pada sistem operasi Windows, yaitu untuk mengecek apakah perangkat tersebut ada kendala atau tidak. Tidak hanya itu jika Anda masuk ke safe mode pada Android keuntungannya adalah aplikasi yang terinstal tidak akan berjalan, namun tampilan antar muka tetap sama, yang membedakan adalah terdapat tulisan safe mode pada pojok kiri bawah.

Fungsi safe mode Android sendiri adalah untuk mendiagnosis perangkat apakah ada kerusakan atau tidak, misalnya ada kendala dari aplikasi yang kita instal, dalam safe mode Anda bisa langsung bisa menguninstal aplikasi yang menyebabkan kerusakan pada ponsel. Anda juga bisa mengatasi masalah misalnya hang atau crash pada Android, solusinya adalah masuk ke safe mode. Bagaimana caranya? Kali ini saya akan membahas tentang cara masuk ke Safe Mode Android Samsung.

Cara Masuk Safe Mode Android Samsung Semua Versi

Cara Masuk ke Safe Mode di HP Samsung

1. Cara Masuk Safe Mode Android Kitkat Samsung Galaxy

Yang perlu Anda ketahui untuk masuk ke safe mode dalam ponsel Android memiliki cara yang berbeda, misalnya Anda mempunyai ponsel Android Samsung Galaxy dengan versi Android Kitkat dan saya mencobanya pada ponsel Galaxy V, caranya adalah:
  • Matikakan ponsel.
  • Selanjutnya nyalakan kembali dan setelah muncul logo samsung, tekan dan tahan tombol Volume Down sampai ponsel menyala.
  • Kalau sudah masuk ke safe mode tandanya adalah ada tulisan safe mode pada bagian pojok kiri bawah.
    Dalam mode ini Anda akan melihat aplikasi bawaan sistem saja yang terpasang.
  • Cara keluar dari safe mode Samsung
  • Tekan tombol Power lalu pilih Restart, tunggu ponsel hingga menyala kembali.

2. Cara Masuk Safe Mode Android Lollipop Samsung Galaxy

Untuk smartphone Samsung yang telah menggunakan versi Android 5.0 atau Lollipop caranya sama dengan ponsel Samsung yang menggunakan versi Android Kitkat yaitu dengan mematikan ponsel telebih dahulu. Kemudian tunggu dan pastikan ponsel benar-benar mati. Jika sudah hidupkan kembali, setelah logo Samsung muncul tekan tombol Volume Down, maka safe mode akan aktif.

3. Cara Masuk Safe Mode Android Marshmallow Samsung Galaxy

Kegunaan safe mode pada Android adalah dimana ponsel dalam keadaan diagnostik, Jadi ponsel Anda akan kembali seperti semula sehingga Anda bisa menentukan aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan gangguan pada ponsel tersebut, misalnya membuat ponsel Anda lemot. Nah, untuk ponsel Samsung yang menggunakan versi Android Marshmallow caranya sama seperti ponsel Samsung yang menggunakan versi Android Kitkat dan Lollipop.
Pada dasarnya cara ini bisa kamu lakukan pada setiap seri seperti Samsung J1, Samsung J3, Smausng J5, Samsung J7, Samsung A3, Samsung A5, Samsung Galaxy Note, Samsung Galaxy S6 dan yang lainnya.
Itulah pembahasan mengenai cara masuk safe mode di ponsel Samsung Galaxy, hal ini bisa Anda lakukan jika ponsel Android Anda mengalami masalah. Semoga bermanfaat.
Baca juga: