search-button

Nov 7, 2016

10 Tips Cara Menerbangkan Drone Didalam Ruangan (Indoor)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tips Cara Menerbangkan Drone Didalam Ruangan atau in door ini akan membantu Anda agar tetap menikmati saat terbang tetapi dengan pengalaman yang lebih menyenangkan. Salah satu tempat yang menjadi pilihan terbaik untuk melatih kemampuan kita dalam mengoperasikan drone adalah didalam ruangan. Kita tidak perlu khawatir dengan cuaca, angin, pohon, bebatuan dan lain sebagainya.

Disisi lain ketika kita hendak menerbangkan drone didalam ruangan tentunya harus berhati-hati. Jangan sampai latihan Anda menjadi latihan yang terakhir karena drone menabrak dinding, atap atau benda keras lainnya yang menyebabkannya rusak total. Dalam artikel kali ini saya akan berbagi tips cara menerbangkan drone didalam ruangan untuk kegiatan latihan atau saat Anda akan merekam video di projek client seperti saat konser indoor.

Tips Cara Menerbangkan Drone Didalam Ruangan (In Door)

Cara Mengoperasikan Drone Didalam Ruangan

Menerbangkan drone didalam rumah atau sebuah gedung tak hanya akan menghadirkan sebuah tantangan baru, tapi juga akan menantang skill Anda hingga membuat jantung semakin berdebar. Bahkan bagi para pilot pemula, mencoba first flight biasanya dilakukan langsung didalam ruangan. Entah itu untuk mengetes throttle control atau mengecek propeller berputar atau tidaknya. Berikut adalah beberapa tips menerbangakan drone didalam ruangan yang bisa Anda terapkan.
1. Seberapa Besar Ukuran Drone.
DJI Phantom dan beberapa FPV quadcopter merupakan type drone yang memiliki ukuran cukup besar dan tidak cocok bila diterbangkan didalam rumah. Kecuali jika Anda mempunyai ruangan yang cukup besar seperti lapangan badminton. Gunakanlah mini drone, micro drone atau nano drone jika Anda hendak terbang didalam rumah.
2. Reset Drone ke Pengaturan Awal.
Beberapa drone high end memiliki kamampuan untuk mengingat pengaturan dari penerbangkan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Misalnya Anda telah terbang di sebuah lapangan bola, maka tidak cocok jika langsung dipakai untuk menerbangkan drone didalam ruangan. Jika Anda ingin agar drone selalu nyaman digunakan, lakukanlah reset maksimal 3 kali setelah terbang. Tekan tombol reset atau cabut baterai dan tunggu selama 30 detik kemudian pasang dan hidupkan kembali.
3. Aktifkan Mode Indoor atau Sedikit Tweak Didalam Pengaturan.
Tips saat Anda menerbangkan drone secara indoor adalah dengan mengaktifkan fitur konfigurasi untuk terbang didalam ruangan. Jika Anda hanya menggunakan drone low end dan tidak memiliki fitur tersebut, sebaiknya lakukan tweak secara manual dengan cara mengurangi sensitivitas pada throttle control. Jangan sampai hanya dengan sedikit gerakan saja, Anda menabrak dinding atau atap.
4. Pasang Propeller Hulls/ Prop Guards.
Untuk produk AR, anda dapat melindungi baling-baling dengan memasang indoor hull. Sementara jika Anda menggunakan produk Phantom, cukup dengan memasang propeller guards saja. Tujuannya untuk memperkecil kemungkinan terjadinya patah saat propeller menabrak objek yang keras.
5. Pilih Ruangan yang Tidak Ada Perabotan Rumah.
Saat Anda akan menerbangkan drone didalam rumah, pilih ruangan yang sedikit terdapat perabotan atau bahkan tidak ada sama sekali. Terlebih jika ini adalah penerbangan pertama Anda.
Baca juga :

6. Awas Ada Kucing.
Cara Mengoperasikan Drone Didalam Ruangan

Salah satu hewan yang sering dipelihara adalah kucing. Pastikan ia tidak melihat Anda ketika menerbangkan drone didalam ruangan. Jangan sampai ia bahagia, meloncat dan menangkap drone.
7. Ketahui Lingkungan Didalam Ruangan.
Take off dan lakukan hovering selama 10 detik untuk merasakan lingkungan didalam ruangan secara langsung. Operasikan throttle control untuk mendekati sebuah objek. Kemudian rasakan apakah anda nyaman dengan pengaturan yang tadi telah diterapkan tadi.
8. Jangan Terbang Terlalu Dekat dengan Atap, Dinding dan Lantai.
Mengetahui teori aerodinamis sangatlah penting bagi para pilot drone. Disis lain, Anda juga harus melindungi cat dan tembok agar tidak lecet terkena drone. Saat drone terlalu tinggi dan dekat dengan atap, maka putaran propeller akan menghasilkan tekanan udara yang lebih besar. Jika terbang terlalu rendah dan dekat dengan lantai, penerbangan pun tidak akan stabil.
9. Drone Dibekali Sensor, Terbang Tidak Stabil.
Untuk Anda yang menggunakan AR Drone, Anda akan merasakan perubahan yang tak diinginkan terhadap ketinggian ketika mulai hovering. Terlebih saat berdekatan dengan objek yang berbeda-beda. Misalnya antara meja kemudian pindah  ke kursi lalu ke dekat karpet. Hal ini dikarenakan adanya sensor ultrasonic untuk menjaga ketinggian agar selalu stabil. Sebaiknya, Anda coba untuk terbang ditengah-tengah bagian antara atap dan lantai.
10. Gunakan Kacamata / Pelidung Mata.
Jangan berkata terlalu over-protected jika keamanan adalah nomor pertama. Banyak kecelakan yang sering terjadi ketika pilot pemula menerbangkan drone secara indoor. Kehilangan kendali merupakan salah satu kecelakan yang biasa dihadapi oleh para pilot. Bayangkan jika hal tersebut terjadi kemudian baling-baling mengenai mata Anda. So, tetap aman dan terus terbang!

Kesimpulannya, jika Anda mengikuti Tips Cara Menerbangkan Drone Didalam Ruangan seperti yang saya jelaskan diatas. Tips tersebut tak hanya akan membuat diri Anda aman, mamun area dan orang lain seperti anak-anak pun bisa melihat Anda mengoperasikan drone dengan baik.
Baca juga :