search-button

Oct 9, 2016

7 Fungsi dan Manfaat Factory Reset Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Bagi sebagian pengguna, ketika mendengar kata factoy reset Android selalu identik dengan terjadinya masalah. Dalam artian, pengguna hanya berani melakukan hard reset hanya ketika terjadi kerusakan dan error saja. Padahal disisi lain, terdapat banyak keuntungan atau manfaat factory reset Android yang bisa kita rasakan.

Fungsi hard reset pada android pada dasarnya adalah untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Yang artinya, semua hal yang terkait dengan data maupun pengaturan yang telah kita buat akan kembali ke awal seolah hp Android kita masih baru. Tetapi apakah hanya berfungsi sebatas hal itu saja? Berikut akan saya jelaskan manfaat dan keuntungan factory reset Android yang wajib Anda ketahui.

Fungsi Manfaat Factory Reset Android

Keuntungan dan Manfaat Factory Reset Android

Jika dijumlahkan, manfaat reset ulang android ini terbilang cukup banyak karena bisa saling berkaitan. Tetapi kali ini saya hanya akan menjelaskan bagian penting yang biasanya dilupakan atau belum pernah diketahui oleh para pengguna sebelumnya.

1. Selamat Tinggal Virus dan Malware.
Banyak data dan file rahasia yang tersimpan di smartphone, hingga log in akun internet banking pun menggunakan aplikasi di Android. Untuk menghapus virus dan malware, salah satu cara paling jitu adalah dengan factory reset.

2. Performa Android Kembali Ngebut dan Lembut.
Setiap pengaturan yang kita lakukan, baik itu didalam default settings maupun aplikasi secara individu akan berpengaruh terhadap kinerja dan performa smartphone saat melakukan tasking. Masih ingatkah Anda dengan pengaturan yang telah diterapkan? Lakukan factory reset agar Android tidak lemot.

3. Menghapus Aplikasi Sampai ke Akarnya.
Setiap aplikasi yang kita hapus, sepenuhnya tidak akan bisa menghapus sisa-sisa atau residual file secara menyeluruh. Coba Anda periksa menggunakan file explorer, disana pasti akan ditemukan folder atau file sisa dari aplikasi yang telah dihapus.

4. Menghapus File Tidak Berguna yang Dibuat Oleh Aplikasi.
Sama halnya dengan nomor ketiga, file dan folder yang ditinggalkan oleh aplikasi yang telah dihapus jumlahnya akan sangat banyak. Belum lagi file yang tersembunyi. Salah satu manfaat reset ulang android adalah menghapus file sisa yang tersembunyi tersebut.

5. Mulai Install Aplikasi yang Penting Saja.
Setelah melakukan factory reset, kita bisa mengetahui dan memasang ulang aplikasi apa saja yang benar-benar diperlukan dan sering digunakan. Dengan begitu, Android Anda pun akan selalu berkinerja dengan cepat.

6. Ruang Penyimpanan Internal Kembali Lega.
Meskipun pada dasarnya kita bisa menambahkan MicroSD untuk menambah storage, tetapi jika internal storage memiliki ruang yang banyak akan sangat terasa lembutnya saat kita melakukan tasking.

7. Manfaat Factory Reset Jika Dilakukan Secara Terjadwal.
Ada banyak turorial aplikasi yang ada didalam blog ini, semuanya saya praktekkan sendiri. Bayangkan berapa ribu aplikasi yang telah saya install untuk membuat artikel dan membantu para pembaca? Salah satu trik agar performa smartphone saya tetap hebat adalah dengan melakukan factory reset secara terjadwal. Yakni antara 10 bulan sekali.

Kesimpulannya, jika Anda ingin selalu mendapatkan performa dan kinerja smartphone Android yang baik, tidak usah terlalu takut untuk melakukan hard reset. Yang terpenting adalah melakukn backup terlebih dahulu karena sebenarnya ada banyak keuntungan dan manfaat factory reset pada Android.
Baca juga: