search-button

Nov 2, 2016

5 Tips Cara Edit Foto Menggunakan Snapseed

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara menggunakan snapseed di Android untuk mengoptimalkannya agar menghasilkan foto terbaik bisa dilakukan dengan mudah. Sudah tak diragukan lagi, bahwasannya photo editor menjadi salah satu aplikasi essential yang harus terpasang di smartphone Android. Jika kita perhatikan di Play store, jumlahnya sangat banyak dengan kemampuan, alat dan fitur yang berbeda pula. Dan salah satu aplikasi favorit saya adalah Snapseed yang saat ini dimiliki oleh Google.

Pada tahun 2011, aplikasi Snapseed dibuat oleh Nik Software khusus untuk iPad saja. Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya pada tahun 2012 Snapseed diambil alih oleh Google Inc karena kemampuannya yang luar biasa dalam mengedit foto secara digital. Aplikasinya sendiri saat ini sudah tersedia untuk Android OS dan iOS. Nah, jika Anda mendapat saran untuk menggunakan aplikasi ini dan belum tahu bagaimana cara menggunakan snapseed di Android, berikut akan saya ulas dan memberikan tipsnya.

Cara Menggunakan Snapseed di Android

Cara Edit Foto Menggunakan Aplikasi Snapseed di Android

Dalam dunia photography, mengedit sebuah foto adalah hal yang sangat penting. Tak selamanya harus melalui PC karena Snapseed pun bisa menjadi alternatif terbaik dalam mengedit foto di genggaman tangan. Fitur yang tersedia didalam aplikasi ini diantarnya Tune Image, Crop, Transform, Selective, Brush, Healing, Undo & Redo dan beberapa filter seperti HDR Scape. Satu hal yang akan membuat Anda merasa nyaman dengan aplikasi ini, yakni cara mengedit foto dengan snapseed sangat intuitive sehingga memberikan pengalaman berbeda dari aplikasi lain sejenisnya. Silahkan download aplikasi Snapseed untuk Android di Play store.

1. Menyelaraskan Tampilan Gambar (Tune Image).
Dalam alat ini, kita dapat merubah berbagai aspek seperti Brightness, Contrast, Sarutation, Ambiance, Highlights, Shadows dan Warmth. Sebagai contoh, untuk meningkatkan Brightness kita hanya perlu menempatkan jari pada bagian tengah foto kemudian swipe atau geserkan ke kiri dan ke kanan agar tingkat kecerahannya berubah. Ketika ingin menggunakan fitur Contrast, gulirkan keatas maka menu kontras pun akan langsung muncul disertai fitur lainnya didalam Tune Image.

2. Memperjelas Wilayah Objek Tertentu (Selective).
Pernahkah Anda ingin mengedit bagian dari foto agar terlihat lebih putih atau jelas? Misalnya, jika Anda wefie kemudian wajah salah satu teman kurang begitu jelas maka bisa menggunkaan fitur ini. Pada intinya, kita bisa meningkatkan aspek Brightness, Contrast dan Sarutation hanya pada bagian tertentu saja. Tap alat Selective kemudian sentuh dibagian objek, selanjutnya gunakan dua jari secara bersamaan untuk memperbesar dan memperkecil wilayah yang ingin diperjelas. Kemudian ikuti langkah seperti pada Tune Image untuk meningkatkan levelnya.

3. Menyapu Tingkat Warna Pada Foto (Brush).
Bagi Anda yang familiar dengan Photoshop, pastinya Anda sudah mengetahui seberapa penting alat ini untuk proses edit foto. Didalam aplikasi Snapseed, fitur brush terdiri dari 4 yakni Dodge & Burn, Exposure, Temperate dan Sarutation. Anda dapat menyapu bagian tertentu dari dalam foto untuk meningkatkan levelnya. Gunakan dua jari untuk memperbesar dan mempersempit wilayahnya.

4. Menghapus Objek Didalam Foto (Healing).
Saya sendiri sering menggunakan fitur ini untuk dua tujuan. Pertama adalah untuk menghapus sebuah objek didalam foto dan kedua untuk menambah wilayah sebuah objek. Misalnya, jika Anda selfie disuatu tempat tiba-tiba sebuah sampah terlihat didalam foto. Maka kita dapat menghapus objek sampah tersebut menggunakan healing. Keren kan?

5. Mempertajam Gambar Dengan Bebagai Filter (HDR Scape).
Efek atau filter HDR bisa meningkatkan kualitas ketajaman gambar serta terlihat lebih jelas. Salah satu efek yang ada didalam aplikasi Snapseed ini, menjadi filter terfavorit saya khusunya saat mengedit foto pemandangan atau hal yang berkaitan tentang alam.

Kesimpulannya, cara menggunakan snapseed di Android memang terkesan cukup membingungkan bagi Anda pengguna pertama. Tapi, aplikasi ini sebenarnya sangat intuitive yang justru menjadi salah satu aspek penting agar kita bisa merasakan langsung terhadap gambar yang sedang kita edit. Jika Anda memiliki tips dan trik lain tentang cara edit foto menggunakan snapseed, silahkan share didalam komentar.
Baca juga: