search-button

Mar 3, 2016

2 Cara Melepas SD Card Android Yang Benar dan Aman

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tak sedikit pengguna smartphone Android yang menghiraukan bagaimana cara melepas kartu sd android yang benar. Padahal, sesuatu yang dianggap sangat mudah ini mengharuskan kita mengikuti prosedur pelepasan sesuai dengan yang disarankan. MicroSD adalah memori internal yang menyimpan banyak data didalamnya. Saya sendiri lebih memilih menyimpan file penting didalam sd card atau di upload ke google drive ketimbang menyimpannya di memori internal.

Sebagai pengguna, terutama Anda yang memiliki smartpone High-End yang harganya mahal, pastinya ingin smartphone tersebut awet dan tetap berkinerja dengan baik. Begitu pun dengan kartu sd yang digunakan. Entah itu dari produk HP MicroSd, Sand Disk, Samsung MicroSD dan produk lainnya. Salah satu kunci kartu memori tetap awet adalah dengan cara melepas kartu sd android sesuai dengan prosedur yang benar.

Cara Melepas SD Card di Android

Cara Melepas SD Card di Android


Terdapat dua cara yang akan saya jelaskan untuk melepas kartu sd dari slot smartphone Android. Slot sd card ini biasanya terletak dibagian belakang smartphone yang tertutup chasing. Bisa berdekatan dengan kartu SIM dan bagian atas slot baterai. Namun pada beberapa smartphone yang dibekali dengan build-in battery atau baterai tanam, slot kartu memori tersebut terletak dibagian samping yang berdekatan dengan bezzel.

  1. Cara Melepas Kartu SD Android Tanpa Mematikan Smartphone.
    Untuk cara pertama ini, kita tidak perlu repot mematikan Android. Tetapi pastikan bahwa slot dari microSD itu sendiri tidak tertutup baterai atau kartu SIM.
    • Tap Pengaturan, kemudian tap Penyimpanan.
    • Pada tampilan ini, gulirkan kebawah hingga informasi Kartu SD Anda ditampilkan.
    • Selanjutnya tap Lepaskan Kartu SD.
    • Sebuah tampilan akan muncul kemudian tap OK.
    • Jika sudah berhasil, lepaskan SD Card dari slot.
  2. Cara Melepas Kartu SD Dengan Mematikan Smartphone.
    Dalam beberapa kasus, sd card tidak bisa dilepaskan dengan cara pertama. Hal ini bisa karena kartu SD sedang error, rusak maupun Android Anda telah di root. Untuk itu, Anda jangan langsung mencabutnya karena tidak menutup kemungkinan file didalamnya bisa saja ikut rusak atau bahkan minta di format secara tiba-tiba. Matikan smartphone Android kemudian baru lepaskan kartu sd untuk menjaga agar data didalamnya tidak akan hilang.

Meskipun kartu memori Anda memiliki class 10 dengan kecepatan transfer hingga 60MB/detik, jika tidak diperlakukan dengan baik maka akan cepat rusak. Lakukan cara melepas sd card android diatas agar ia tetap awet dan data Anda pun tetap aman didalamnya.
Baca juga: