search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Mengatasi Foto dan Video Tidak Muncul Di Galeri Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Berhasil! Mengatasi foto dan video yang tidak muncul di galeri Tablet dan Smartphone Android. Jika anda mengalami masalah dimana tiba-tiba Android yang anda gunakan tidak memunculkan dan menampilkan file video, foto dan mp3 di galeri hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misal foto yang dipindahkan dari PC, ditransfer dari bluetooth atau baru saja diambil dari kamera tiba-tiba hilang dan tidak bisa dibuka.
Foto dan gambar yang tidak muncul dalam artian file tersebut tidak terhapus hanya saja tidak terbaca oleh aplikasi galeri baik itu aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga yang baru saja anda unduh dan pasang. Lalu sebenarnya kenapa foto tidak bisa dibuka digaleri Android? Secara dasar, aplikasi galeri dibuat untuk melakukan scanning terhadap jenis file yang termasuk kedalam format media seperti foto, gambar, dan video. Disisi lain jenis file musik atau lagu mp3 pun termasuk kedalam media namun biasanya mereka hanya akan muncul pada aplikasi music player.

Mengatasi Foto, Video, Gambar dan Lagu Tidak Muncul Di Galeri Android

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar file media bisa kembali muncul di Tablet dan Smartphone Android yang digunakan.
Mengatasi Foto dan Video Tidak Muncul Di Galeri Android
  1. Pasang aplikasi Quickpic. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi galeri Android pihak ketiga dimana ia akan menampilkan semua jenis file media hiburan seperti foto, gambar dan video. Ia memiliki ukuran yang cukup kecil namun memiliki kemampuan untuk membaca dan melakukan scanning semua jenis file media yang tersimpan di memori internal dan SD card setiap kali kita membukanya. Aplikasi gratis yang tersedia di play store ini memiliki banyak fitur seperti untuk melakukan rotasi, mengganti nama atau untuk menyembunyikan foto dan video.
  2. Pasang aplikasi Sdrescan. Jika kedua cara tersebut tidak berhasil, maka cobalah untuk memasang aplikasi pemindai tambahan yang akan melakukan scanning secara mendalam terhadap semua jenis file di dalam Smartphone dan Tablet Android. Sdrescan memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mencari kembali file foto, video, gambar, mp3 yang sulit terbaca oleh galeri bawaan Android.
  3. Cabut Memori Eksternal. Jika file media tersebut disimpan didalam SD Card maka cobalah untuk mematikan Android lalu cabut mulai dari baterai, SD Card, Sim card lalu diamkan selama beberapa detik kemudian pasangkan kembali. Tujuannya adalah untuk melakukan reboot ulang sehingga Android akan mengulangi untuk melakukan pemindaian terhadap file didalam memori eksternal.
Baca juga :
Jika ternyata ketiga cara tersebut masih belum berhasil, kemungkinan SD Car yang diguankan telah mengalami kerusakan. Cobalah untuk melakukan format. Itulah cara mengatasi foto, gambar dan video tidak muncul di galeri Smartphone dan Tablet Android.