search-button

Nov 3, 2015

Cara Scan Dokumen di Android Dengan Hasil Terbaik

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara scan dokumen menggunakan hp Android untuk dijadikan sebagai gambar atau file pdf bukanlah hal yang sulit. Seiring dengan semakin ditingkatkannya teknologi Android OS, beberapa pengembang sengaja membuat aplikasi scan dokumen dan foto Android agar pengguna lebih mudah dan cepat ketika ingin melakukan scan.

Jika biasanya kamu menggunakan mesin scanner dokumen yang memiliki berat dan ukuran yang besar, maka kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara scan dokumen di Android dengan memanfaatkan kamera sebagai scanner. Selain praktis, kamu pun bisa melakukannya dimanapun dan kapan pun. Baik itu untuk membantu pekerjaan atau melengkapi dokumen yang harus dikirim melalui email.

Cara Scan Dokumen dan Foto di Android

Cara Scan Dokumen Di Android Menjadi Pdf atau Gambar

CamScanner adalah aplikasi scanner dokumen di Android yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. Ia merupakan salah satu aplikasi terbaik yang memiliki beberapa kemampuan untuk melakukan scan. Pada dasarnya, CamScanner menggunakan kamera untuk mengambil dokumen atau foto yang telah dicetak kemudian dapat disimpan sebagai file pdf dan gambar. Tetapi ada hal lain yang menarik, setelah kamu memfotoo KTP, SIM, Ijazah atau dokumen lainnya, ia akan menampilkannya dengan hasil yang bersih. Tidak jauh berbeda dengan hasil mesin scanner. Kamu dapat mengeditnya dengan cara memotong setiap sudut dokumen yang diperlukan atau mengatur kecerahan dari hasil scan tersebut.

  1. Pasang aplikasi CamScanner dari play store.
  2. Siapkan dokumen yang ingin di scan dan letakkan pada meja atau benda yang tidak bergelombang.
  3. Buka aplikasi CamScanner kemudian arahkan kamera belakang pada dokumen yang ingin di scan.
  4. Jika sudah mendapatkan sudut yang tepat, tap icon Kamera kemudian tap icon Centang.
  5. Atur bagian yang ingin dipotong dari setiap sudutnya lalu tap icon Centang.
    Cara Scan Dokumen Menggunakan Kamera Android
  6. Pada tampilan editor, kamu dapat mengatur kecerahan agar lebih jelas kemudian tap lagi icon Centang.
  7. Jika dokumen telah tersimpan didalam aplikasi tersebut, tap tombol Share dibagian menu bawah.
  8. Selanjutnya kamu pilih apakah dokumen hasil scan tersebut akan dijadikan file pdf atau disimpan ke galeri sebagi gambar.

Dengan menggunakan aplikasi scanner dokumen tersebut, kamu dapat dengan mudah scan dokumen, KTP, SIM, foto di Android dengan hasil terbaik. Selamat mencoba.
Baca juga: