search-button

Sep 10, 2019

Menyembunyikan Foto Video Di Android Tanpa Aplikasi (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara menyembunyikan file video, foto, mp3, gambar dan folder di Smartphone dan Tablet Android tanpa menggunakan Aplikasi. Kelebihan Android memang sangat luar biasa, jenis file yang masuk dalam kategori hiburan tersebut bisa kita sembunyikan.  Tentu saja tujuannya agar orang lain tidak bisa mencari, melihat atau bahkan agar tidak ketahuan. Biasanya, sesuatu yang kita anggap sebagai file yang rahasia lah yang akan kita kostumisasi agar bisa disembunyikan.
Memang ada begitu banyak sekali aplikasi di Play Store yang telah dibuat dimana mereka dikembangkan agar bisa menyembunyikan berbagai macam jenis file dan folder. Fitur keamanan dari aplikasi tersebut pun sangat beragam. Mulai dari aplikasi yang memiliki kemampuan untuk menggunakan kata kunci, enkripsi ,hinga menggunakan finger print scanner. Namun yang bisa menjadi masalah adalah, jika kita memasang aplikasi untuk menyembunyikan file di Tablet dan Smartphone Android, tidak menutup kemungkinan orang lain akan mengetahui bahwa kita benar-benar sedang menyembunyikan sesuatu. Disisi lain, dengan memasang aplikasi tersebut juga akan berdampak pada menipisnya memori internal yang tersedia.

Cara Menyembunyikan File dan Folder Di Android

Dengan sedikit  pengaturan dan tambahan, sebenarnya kita tidak memerlukan aplikasi apapun untuk menyembunyikan berbagai macam file yang ada di Android. Dengan kata lain kita bisa melakukannya secara manual hanya dari file manager (explorer). Semua Smartphone dan Tablet Android telah dibekali aplikasi file manager bawaan. Jika anda merasa bingung, sebagai contoh aplikasi tersebut yang bisa dipasang secara manual adalah ES File Explorer, Astro File Manager, Dual File Manager XT dan masih banyak lagi. Dan saya akan berkesimpulan bahwa pada Android yang anda gunakan saat ini telah memilikinya.

1. Menyembunyikan Video, Foto dan Gambar Agar Tidak Muncul Di Galeri
Galeri merupakan pusat tempat berbagai macam jenis file hiburan. Dimana, semua jenis file tersebut akan muncul disana dan bisa kita lihat. Trik berikut ini adalah untuk membuat foto atau video agar tidak muncul di galeri.
Cara menyembunyikan foto dan video dari galeri Android
  • Buka file manager lalu cari folder tempat kita menyimpan gambar atau video.
  • Buat sebuah file baru didalam folder tersebut lalu beri nama .nomedia.
  • Sekarang coba anda buka Galeri maka file tersebut tidak akan ditampilkan disana.
Cara tersebut akan membuat aplikasi galeri agar sistemnya tidak melakukan scanning terhadap file yang ada didalam folder tersebut. Termasuk jenis file audio seperti file musik, lagu MP3 maupun hasil rekaman pun tidak akan dimunculkan di aplikasi musik player. Jika ternyata file masih terlihat, coba reboot Android anda.

2. Menyembunyikan Folder Di Android Tanpa Aplikasi
Dengan cara kedua ini, kita akan menyembunyikan sebuah folder. Apapun jenis file yang ada didalamnya maka tidak akan bisa dilihat.
Menyembunyikan folder tanpa aplikasi
  • Buka file manager lalu cari folder yang ingin disembunyikan.
  • Ganti nama folder tersebut dengan menambahkan karakter titik/dot didepannya. Sebagai contoh .hilang
Folder tersebut tidak akan terbaca dan disembunyikan karena secara langsung kita telah membuat ekstensi yang tidak bisa dibaca oleh sistem Android. Lalu bagaimana cara membuat folder tersebut kembali ada dan kita bisa mengakses file didalamnya? Buka file manager lalu tap Setting. Kemudian cari pengaturan yang biasanya dinamakan Show hidden files.
Mengembalikan

Itulah dua cara mudah menyembuyikan berbagai jenis file seperti video, foto mp3 dan folder di Smartphone dan Tablet Android tanpa menggunakan aplikasi.