search-button

Jul 25, 2015

Cara Membuka Kunci Android Menggunakan Wajah

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comMembuka Android yang terkunci dengan menggunakan wajah merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Android 5.0 Lollipop dan diatasnya. Fitur yang dianggap menarik dan canggih ini dapat memberikan pengalaman yang lebih mudah ketika ingin membuka Android. Jelas saja, kita tidak perlu repot memasukkan PIN, Pattern maupun pasword yang mengharuskan kita untuk mengetiknya. Bayangkan, ketika kamu sedang menyetir cukup hanya dengan mendeteksi wajah maka Android yang terkunci dapat terbuka.

Trusted face merupakan salah satu bagian dari fitur Smart Lock dimana ia berfungsi untuk membuka Android yang terkunci dengan menggunakan wajah melalui kamera depan. Terdapat beberapa pilihan didalam komponen Smart Lock yang cukup unik seperti Trusted device, Trusted place, Trusted face, Trusted voice dan On-body detection. Khusus untuk tips kali ini, saya akan coba menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Trusted face agar kamu menjadi pengguna smartphone Android yang mahir.

Cara Mengaktifkan Trusted Face di Smart Lock Android 5.0 Lollipop

Untuk dapat memunculkan fitur Trusted face didalam Smart Lock, kamu harus sudah mengaktifkan kunci dengan PIN, password maupun pattern. Jika belum diaktifkan, maka pilihan Trusted face tidak akan muncul.
  1. Buka Setting.
  2. Tap Security » Screen lock » Smart Lock.
  3. Masukkan PIN, password atau pattern yang sebelumnya telah dibuat.
  4. Pada bagian ini pilihlah Trusted face.
    Mengunci Android Menggunakan Wajah
  5. Tap SET UP » NEXT
  6. Selanjutnya posisikan wajah kamu didalam area titik-titik melingkar hingga berwarna hijau.
  7. Setelah Android mendeteksi wajah dan muncul keterangan "Got it," tap tombol NEXT, terakhir tap OK.

Cara Membuka Android Terkuci Menggunakan Wajah

Untuk membuka kunci Android, tekan tombol Power kemudian arahkan dan tatap layar Android hingga ikon kunci terbuka. Selanjutnya swipe semua notifikasi keatas dan tampilan Home pun akan muncul. Sangat mudah.

Jika fitur membuka kunci Android menggunakan wajah tidak berfungsi, kamu dapat kembali mengaturnya dengan memilih “Improve face matching” untuk meningkatkan tingkat keakuratan wajah atau “Reset trusted face” untuk memulainya dari awal. Pastikan kamu tidak terganggu oleh cahaya atau ruangan yang gelap.
Baca juga:
3 Cara Membuka Android Yang Lupa dan Terkunci Pola
5 Aplikasi Kunci Layar Android Terbaik dan Paling Unik
Cara Mengunci Layar Android Dengan Suara