search-button

Jul 26, 2015

2 Cara Mengganti Password Gmail di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Mengganti password gmail di Android dengan yang baru bukanlah hal yang cukup sulit. Tetapi mungkin saja hal ini akan menjadi sesuatu yang tidak mudah dilakukan jika kamu adalah pengguna baru ponsel dengan Android OS. Gmail adalah salah satu produk layanan gratis dari Google yang memungkinkan kita membuat email pribadi untuk mengirim dan menerima berbagai surat elektronik. Salah satu hal yang harus diutamakan ketika menggunakan layanan ini adalah dengan membuat kata sandi yang kuat tetapi mudah untuk diingat.

Saya sendiri selalu mengubah kata sandi gmail sekitar 90 hari sekali agar akun selalu aman. Menurut saya, mengganti password gmail di Android maupun desktop tidak ada perbedaan. Hanya saja jika akun Google tersebut dipakai dan di sync dengan aplikasi yang ada di ponsel Android, maka aplikasi tersebut biasanya akan memberikan pemberitahuan bahwa mereka tidak bisa masuk, contohnya aplikasi Gmail.

Ganti Kata Sandi Gmail Di Android

Cara Ganti Kata Sandi Gmail di Android

Cara yang akan saya tunjukkan adalah untuk mengubah password gmail dimana email tersebut digunakan sebagai akun google di ponsel Android kamu.
  • Buka browser Google Chrome di smartphone Android.
  • Masuk kedalam https://myaccount.google.com kemudian pilih Sign-in & security seperti terlihat pada gambar diatas.
  • Disana kamu dapat mengubah password gmail lama dengan yang baru.

Setelah password berhasil diganti, sekarang di Android kamu akan muncul notifikasi "Account Action Required". Tidak usah khawatir karena Android kamu tersebut belum mengetahui password baru yang telah dibuat tadi. Kamu hanya perlu mengetuk notifikasi tersebut kemudian masukkan password baru nya.
Tetapi jika ternyata tidak muncul notifikasi secara otomatis, ikuti langkah berikut ini.
  • Buka aplikasi Gmail di Android.
  • Kemudian akan muncul "Account Action Required", ketuk pemberitahuan ini.
  • Ketuk "Couldn't sign in" dan masukkan kata sandi baru.

Sebagai tips tambahan ketika mengganti password gmail di Android, pastikan kamu membersihkan cache yang tersimpan di ponsel Android karena hal ini dapat menjadi penyebab tidak munculnya notifikasi.