search-button

Dec 16, 2014

Cara Menampilkan Easter Egg Android Semua Versi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Berhasil! cara memunculkan fitur tersembunyi yang bisa menjadi salah satu kejutan bagi pengguna Tablet dan Smartphone Android. Tahukah kamu bahwa Android yang kita gunakan memiliki easter eggs di hampir semua tingkatan dan nama versi. Kita tahu bahwa android OS dimiliki oleh Google tetapi banyak produsen gadget terkemuka menggunakan sistem operasi ini. Termasuk Samsung, Sony Experia, Advan, Lenovo, Oppo, Smartfren Andromax, Asus dan beberapa produsen lainnya.
Lalu apa itu Easter Eggs? Easter eggs didalam dunia teknologi bisa diartikan sebagai simbol tersembunyi, pesan, lelucon atau bahkan sebuah kejutan yang bisa kita temukan pada game, aplikasi, software dan bahkan didalam Smartphone dan Tablet Android yang anda gunakan. Easter eggs ini dibuat oleh developers yang tentu saja pesan yang akan nampak sangat lucu karena para pengembang dapat menghibur kita dengan pesan rahasia bahkan karya seni. Lalu bagaimana cara menampilkan easter eggs di Android?

Cara Mencari dan Memunculkan Easter Egg Android Semua Versi

Didalam Android OS sendiri, developers menambahkan easter egg dari mulai dari versi Android 2.3 dan diatasnya. Jika anda ingin tahu kejutan dari Android OS yang saaat ini digunakan, simak cara berikut ini.
  1. Android 2.3 Gingerbread.
    Cara Menampilkan Easter Egg Android
    Adalah sistem operasi Android pertama yang ditambahkan fitur easter egg didalamnya. Anda bisa menuju ke Settings » About phone » Android version kemudian tap selama beberapa kali sampai sebuah gambar muncul. Gambar tersebut adalah sebuah lukisan bernama "Zombie Art" yang telah digambar oleh Jack Larson.
  2. Android 3.0 Honeycomb.
    Android 3.0 Honeycomb
    Adalah sistem operasi Android yang awalnya dikembangkan khusus untuk tablet. Android 3.0 Honeycomb sendiri merupakan satu-satunya versi android yang bukan merupakan nama makanan. Tap Settings » About device » Android version lalu tap dengan cepat maka akan muncul sebuah lebah berwarna biru cerah seperti robot yang dibawahnya terdapat balon berkata “REZZZZZZZ.”.
  3. Android 4.0 Ice Cream Sandwich.
    Android 4.0 Ice Cream Sandwich
    Easter egg pada versi ini terinspirasi dari sebuah animasi pada video musik pop jepang yang sangat populer yaitu Nyan Cat. Maka dibuatlah animasi easter egg pada Android yang disebut juga sebagai “Nyandroid”. Tap Settings » About » Android version.
  4. Android 4.1/4.2 Jelly Bean.
    Memunculkan Easter Egg Android 4.1 4.2 Jelly Bean
    Easter Egg yang bisa kita temukan pada versi ini cukup interaktif. Kita bisa menggesekkan layar keatas atau kebawah layar yang nantinya si jellybean berwarna merah tidak akan berhenti untuk mengambang pada layar. Tap Settings » About » Android version.
  5. Android 4.4 KitKat.
    Android 4.4 KitKat
    Untuk anda pengguna kitkat, kita bisa menemukan layar berlogo K yang berputar. Jika kita menekan logo K cukup lama maka akan akan muncul logo KitKat. Tap Settings » About » Android version.
  6. Android 5.0 Lollipop.
    Menampilkan Easter Egg Android 5.0 Lollipop
    Easter Egg pada versi ini lebih mirip game Flappy Bird. Tap Settings » About » Android version maka akan akan muncul tampilan permen lolipop. Tekan tepat pada permen tersebut maka kita akan dihadapkan untuk melihat maskot robot Android kecil berwarna hijau agar tidak menabrak permen lollipop. Sangat mirip dengan game Flappy Bird.
Baca juga :
Artikel ini akan terus diperbaharui mengikuti tingkatan dan nama versi Android dimasa yang akan datang. Dengan begitu kita bisa, memunculkan dan menampilkan easter egg di Smartphone dan Tablet Android.