search-button

Jan 25, 2016

Cara Cek Versi Android OS Di HP dan Tablet

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Pentingnya mengetahui jenis dan versi sistem operasi Androd milik sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk berjaga-jaga agar kita tidak tertipu. Baik ketika kita ingin membeli hp Android bekas pakai, Tablet baru atau Smartphone yang saat ini sedang digunakan. Semua produk yang telah di pasarkan oleh berbagai produsen entah itu Smartphone atau Tablet Android dari Samsung, Sony, Google Nexus, Smartfren Andromax, Lenovo, LG, Mito, Advan, Oppo dan berbagai produk lainnya memiliki tipe dan versi yang berbeda di setiap produk yang telah dipasarkan.
Untuk melihat tipe Android di hp tidak selalu terpaku pada brosur dari produk yang baru saja mereka keluarkan. Ada satu kejadian yang sangat menarik, ketika itu teman saya membeli sebuah produk Smartphone yang dikatakan di website mereka bahwa versi Android dari hp tersebut adalah Android Kitkat. Setelah dibeli dan di cek secara manual, betapa kecewanya dia ternyata versi Android yang sebenarnya adalah Android 4.2 Jelly Bean. Tentu saja hal ini tidak ingin terjadi pada Anda bukan?

Cara Mengetahui Jenis Andoid Pada Tablet Dan Smartphone

Ada beberapa cara agar kita tahu secara pasti bahwa Android OS apa yang sebenarnya terpasang di hp Anda tersebut. Simak penjelasan berikut ini.
  1. Cara Cek Langsung Dari Android. Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan di semua Android. Caranya, tap setting > About device atau About phone. Kemudian pada bagian Android version akan mucul nomor versi dari Android yang terpasang.
    Cara melihat tipe android di hp
  2. Cara Cek Versi Android Secara Online. Buka peramban atau browser yang ada di smartphone dan tablet Android anda kemudian menuju ke situs whatismyandroidversion.com. Disana akan langsung ditampilkan secara rinci.
  3. Cek Dengan Menggunakan Aplikasi. Unduh lalu pasang aplikasi Check My Android dari play store. Kemudian buka aplikasi tersebut dan ia akan melakukan scanning untuk menampilkan versi Android, chipset, layar, cpu, rom dan gpu dari Android milik kita.
Berikut ini adalah kode nama dari setiap versi Android.
  • Andoid 2.2 Froyo
  • Android 2.3.3 – 2.3.7 Gingerbread
  • Android 4.0.3 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich
  • Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean
  • Android 4.4 KitKat
  • Android 5.0 Lollipop
Baca juga :
Itulah, cara mudah untuk mengetahui jenis dan versi Android OS yang terpasang di Smartphone dan Tablet milik kita sendiri.