search-button

Oct 9, 2016

Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Memperbaiki Touchscreen Smartphone dan Tablet Android Yang Error - Layar sentuh merupakan bagian yang sangat penting terutama bagi perangkat android yang sudah tidak menggunakan keypad karena dengan rusaknya touch screen anda sama sekali tidak dapat menggunakan handset Android tersebut. Tak jarang beberapa masalah bisa terjadi baik terhadap layar atau pun terhadap sensitifitas dari kinerja touch screen android itu sendiri. Seperti sensitif yang lambat atau terlalu cepat dan bahkan sama sekali tidak merespon. Kenapa layar sentuh android anda error?
Terdapat banyak kemungkinan diantaranya bisa disebabkan oleh adanya aplikasi yang sedang berjalan pada background meminta dan mengkonsumsi RAM yang cukup besar maupun hal lain seperti menggunakan pelindung layar LCD yang tidak cocok. Dan berikut adalah beberapa cara memperbaiki layar sentuh tablet atau smartphone Android yang tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Touchscreen Android

  1. Touchscreen error terlalu sensitif atau lambat.
    Touch screen masih bisa digunakan dan masih bekerja tetapi jika anda mengalami masalah seperti ini, atur kalibrasi dengan menuju ke Setting > Display > Calibration
    Mengatasi touch screen android error

    Kemudian check dengan menggunakan kode *#*#2664#*#* untuk melihat sensitifitasnya.
    Memperbaiki layar sentuh android
  2. Restart smartphone android.
    Jika layar sentuh Android benar-benar tidak bisa digunakan dan tidak berfungsi coba restart lalu hidupkan kembali.
  3. Lepas baterai, kartu SIM dan Kartu memori.
    Matikan lalu lepas semuanya, biarkan selama beberapa detik agar kapasitor didalam motherboard tablet Android benar-benar tidak dapat mengkonsumsi energi.
  4. Matikan Android lalu bersihkan layar Android dengan menggunakan tisu halus yang dibasahi alkohol isopropil.
  5. Lakukan Factory Reset. (Tidak direkomendasikan)
    Selain akan menghilangkan semua data-data, hal ini akan membuat android anda kembali seperti awal mula ketika anda baru menggunakannya. Pastikan untuk melakukan backup semua data dan file didalam memori eksternal secara manual ke PC komputer atau laptop anda. Untuk melakukan factory reset caranya pilih langkah dibawah yang sesuai dengan produk samrtphone atau tablet tablet android anda. Tekan tombol berikut secara bersamaan selama beberap detik: (Setiap produk memiliki cara yang berbeda, silahkan coba satu persatu)
  • Volume Up + Home + Power
  • Volume Down + Power
  • Home + Power
Kemudian cari Wife Data/Factory Reset dengan menggunakan tombol Volume Down lalu pilih dengan menekan tombol Home. Selanjutnya pilih Yes delete all user lau tunggu hingga proses selesai sampai kembali melakukan booting dan cobalah untuk menggunakan touch screen android anda tersebut.

Jika semua langkah tersebut sudah dilakukan namun tetap tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya anda membawanya ke tempat perbaikan resmi agar diketahui penyebab pastinya. Semoga berhasil.