search-button

Dec 21, 2018

Review Xiaomi FIMI A3 Indonesia, Drone Murah Terbaik?

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Review details Xiaomi FIMI A3 Indonesia setelah terbang lebih dari 3 minggu, drone murah terbaik dibawah 4 juta yang mampu terbang 1KM lebih. Baru-baru ini Xiaomi merilis drone terbarunya melalui anak perusahaan khusus yang menangani teknologi drone, FC dan juga gimbal yaitu FIMI. Drone terbaru buatannya ini diberi nama dengan model FIMI A3 yang menjadi salah satu drone terpanas diakhir tahun 2018.

Saya sendiri sendiri terus memantau diberbagai forum drone mengenai gimana cara mendapatkan drone yang satu dengan cepat. Pasalnya, disalah satu toko online yaitu Banggood, drone ini tersedia secara pre-order dengan harga 270 USD atau sekitar 4 jutaan. Wow, tentunya menjadi drone terbaru dengan harga yang murah apalagi dengan spek dan fitur yang dimilikinya.

Review Xiaomi FIMI A3 Indonesia

Xiaomi FIMI A3 Indonesia

Singkat cerita akhirnya sayapun mendapatkan drone ini dari Banggood diawal bulan desember 2018. Dan enggka mau banyak menunggu, saya langsung bikin unboxing Xiaomi FIMi A3 Indonesia di channel youtube saya. Selang beberapa hari kemudian, saya pun membuat video test terbang pertama dan hasilnya bikin puas. Berikut ulasan FIMI A3 dan pengalaman yang saya dapat dari drone ini.

Desain

Desain Xiaomi fimi A3 punya karakter sendiri, tidak ikut-ikutan. Jadi ketika orang melihat bentuknya maka orang akan tahu kalau ini adalah Xiaomi FIMI A3. Berwarna putih dan material yang solid, membuat drone ini mendapat poin penting dari saya. Termasuk Remote Controlnya sendiri yang sudah terdapat built-in LCD screen berukuran 4.3 inch.

Banyak yang mengkomparasikan FIMI A3 vs DJI Spark, tetapi saya sendiri kurang setuju. Alasannya adalah DJI Spark merupakan drone selfie lipat sementara FIMI A3 desainnya ini lebih ke drone penjelajah kelas menengah yang terlihat dari bentuknya yang siap terbang jarak jauh dengan cepat. Yang lebih masuk akal adalah harusnya Fimi A3 vs Hubsan H105S yang juga drone kelas mid-range jarak jauh buatan Hubsan. Tapi setiap yang hobi drone punya pendapat yang berbeda.

Spek

Dengan frekwensi 2.4 dan 5.8 Ghz, Xiaomi FIMI A3 mampu terbang hingga 1 KM lebih. Untuk baterainya sendiri 11.1 V berkapasitas 2000 mAH tetapi rata-rata saya bisa terbang hingga 15 menitan saja. Well, tidak seperti yang mereka iklankan yaitu hingga 25 menit.

Xiaomi FIMI A3 punya 2 sistem posisi navigasi yaitu GPS dan Glonass yang membuat pilotnya tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan posisi drone secara akurat saat akan take-off. Saya sendiri hanya butuh waktu kurang dari 1 menit untuk dapat 12 sinyal GPS, sangat cepat.

Xiaomi FIMI A3 pun punya beberapa fitur mode terbang pintar (smart flight) seperti Dronie/Selfie Mode, Follow Me Mode, Orbit Mode, Fixed-wing Mode, Sport Mode dll. Hal yang paling saya sukai adalah dari mode terbangnya ini adalah mode Selfie dan Follow Me. Respon yang diperintah oleh transmitter sangat cepat diperintah oleh drone dan terbang dengan lembut ketika dalam mode ini.

Untuk mode Sport, Xiaomi FIMI A3 pun bisa menggunakan goggle FPV yang ketika saya coba ternyata kameranya ini jelas banget. Berbeda dengan kamera FPV dari drone racing yang banyak noisenya, di FIMI A3 ini bersih banget.

Kamera dan Gimal

Xiaomi FIMI A3 punya kamera yang bisa merekam video full HD 1080p 25 fps dan 30 fps. Diremotenya sendiri kita bisa mengatur berbagai pengaturan videonya ini termasuk affertire, brightess, contrass dll. Bicara soal hasil video Xiaomi FIMI A3 tentunya sudah bagus untuk kelas 1080p. Jika kamu sudah biasa terbang dengan drone 4K maka jangan dikomparasikan dengan kemampuan kamera 4K, karena hasilnya pasti sangat berbeda.

Gimbal Xiaomi FIMI A3 punya 2 Axis mechanical, 3 Axis electronical dan juga fitur EIS. Untuk hasil footage dari drone dibawah 4 juta dengan 2 Axis gimbal, tentu saja sudah bagus. Tapi terkadang saya dapat sedikit getaran ketika berhenti mendadak. Kecil sekali, kalau hanya sekilas sih tidak akan kelihatan.

Performa

Performa terbang Xiaomi FIMI A3 sangat bagus, drone terbang dengan sangat stabil dan juga tahan angin karena ukurannya cukup kuat. Kecepatan maksimal yang bisa kita dapat saat terbang forward adalah 18 m/s, dan dengan kecepatan ini saya bisa dengan cepat menempuh jarak 500 meter sekalipun.

Feed FPV yang saya terima dan lihat ditampilan LCD rc pun selalu kuat dan jelas. Hanya saja pastikan kamu untuk selalu mengaur kamera dengan benar di spot dan situasi kondisi saat terbang.

Fitur RTH bakal membantu banget ketika kita telah menempuh jarak jauh. Saya hanya perlu menekan tombol RTH dan tunggu drone kembali dengan cepat pula.

Kesimpulan

Biar kamu enggak penasaran mengenai review Xiaomi FIMI A3 Indonesia ini, silahkan langsung lihat beberapa video yang telah saya buat di channel saya. Termasuk kelebihan dan kekurangan xiaomi fimi A3 juga.



Xiaomi FIMI A3 ini dibeli dari Banggood dengan harga yang murah, kamu bisa memasukkan kode kupon “toyho” ini agar mendapat potongan harga yang lebih murah pula. Beli Xiaomi FIMI A3 di http://bit.ly/Fimi_A3