search-button

Jul 22, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
Heyriad.com - Jika kamu menghadapi masalah ‘Galeri telah berhenti’, jangan khawatir, karena cara - cara mengatasi sayangnya galeri telah berhenti ini dapat dengan mudah menyelesaikannya. Sebagian besar pengguna mungkin juga termasuk kamu cenderung berpikir bahwa masalah ini disebabkan oleh firmware di ponsel, padahal tidak selalu demikian.


Dalam banyak kasus, masalah menjengkelkan ini mungkin disebabkan oleh beberapa file rusak atau karena ada aplikasi yang bermasalah pada ponsel kamu. Mungkin juga karean software yang baru kamu perbarui. Cara terbaik untuk mengatasi "sayangnya, galeri telah berhenti" tercantum di sini.

Cara Mengatasi sayangnya galeri telah berhenti

Cara Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti”


1. Hapus cache dari aplikasi galeri

Untuk melakukannya tinggal ikuti langkah ini, Pengaturan > Manajer Aplikasi > Semua > Galeri > Clear Cache. Setelah ini selesai, galeri kamu akan mulai berfungsi dengan baik lagi. Namun ada cara lain untuk memperbaiki masalah ini, jika metode di atas tidak berhasil untuk kamu.   

2. Hapus Cache Penyimpanan Media

Langsung saja cara mengatasi “sayangnya galeri telah berhenti” berikutnya, tinggal buka Pengaturan > Pengaturan Aplikasi atau Aplikasi > Semua Aplikasi > Penyimpanan Media > Hapus Cache, setelah itu coba matikan ponsel lalu hidupkan kembali. Kemudian lihat apa masalahnya teratasi.

3. Re-start Perangkat

Ini adalah cara selanjutnya yang setiap orang harus coba, banyak juga kasus yang dapat diselsesaikan hanya dengan memulai ulang perangkat kamu. Untuk memulai kembali perangkat tinggal, tekan dan tahan tombol "Daya" hingga muncul menu, kemudian pilih Re-start.

4. Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Buka Pengaturan > Pengaturan Aplikasi atau Aplikasi > Semua Aplikasi > Klik Tiga titik di sudut kanan atas layar > Klik "Setel ulang preferensi aplikasi" > RESET APPS, sekarang Restart perangkat kamu dan periksa apakah cara mengatasi “sayangnya galeri telah berhenti” itu memperbaiki masalah.

5. Lepas kartu SD


Cara Mengatasi sayangnya galeri telah berhenti

Terkadang kartu SD dapat menjadi penyebab masalah ini. Mungkin perangkat keras atau salah satu isi kartu SD rusak dan kamu mencoba untuk membukanya, menyalin atau menghapus gambar di kartu SD, dan membuat pesan error muncul. Jadi, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengeluarkan kartu SD dan lihat apakah masalah tetap ada atau sudah teratasi.

6. Hapus Beberapa Item Dari Kartu SD

Banyak pengguna yang telah memperbaiki "Sayangnya, Galeri telah berhenti" dengan menghapus beberapa konten yang menghabiskan banyak ruang. Kamu juga dapat mencoba untuk melakukannya, hapuslah beberapa video dan foto yang mungkin memiliki ukuran yang besar.

7. Hapus Partisi Cache Dari Recovery Mode

Pertama matikan ponsel > Tekan volume naik dan tombol daya bersama-sama untuk masuk ke Recovery Mode >  Pilih hapus partisi cache > Pilih sistem reboot. Sekarang tinggal tunggu sampai proses reboot selesai.

8. Boot Ponsel Dalam Mode Aman

Mungkin kesalahan ini terjadi karena ada aplikasi pihak ketiga yang tidak aman, atau tidak kompatibel dengan ponsel kamu. Oleh karena itu, cara mengatasi sayangnya galeri telah berhenti karena ini adalah dengan mem-boot ponsel ke mode aman. Tinggal tekan dan tahan tombol Volume Turun dan Daya selama 20 hingga 30 detik, setelah kamu melihat logo ponsel, lepaskan tombol Power tetapi terus tekan tombol Volume Turun.

9. Format Kartu SD

Ada kemungkinan pesan error tersebut muncul ketika kamu membuka galeri adalah karena kartu SD kamu terkena virus, satu – satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan memformat kartu SD. Dan kamu harus siap kehilangan sebagian besar data yang terdapat pada kartu SD.

10. Setel ulang pabrik


Cara Mengatasi sayangnya galeri telah berhenti

Baca Juga:
3 Cara Membuat Folder Album Baru di Galeri Android
Cara Upload Foto Galeri ke Instagram Stories di Android
2 Cara Membuka Galeri Android Yang Dikunci AppLock

Jika semua cara mengatasi “sayangnya galeri telah berhenti” diatas gagal menyelesaikan masalah, reset pabrik adalah opsi terakhir yang akan mengembalikan pengaturan pabrik dan menghapus semua bug yang mengganggu operasional ponsel kamu. Tetapi cadangankan terlebih dahulu semua file penting karena proses ini akan menghapus semuanya.


Itu adalah cara mengatasi “sayangnya galeri telah berhenti” yang sebagian besar berhasil pada semua merk ponsel atau smartphone, coba ikuti satu per satu dan itu akan membantu kamu menyingkirkan masalah dengan mudah. See you soon !