search-button

May 30, 2018

11 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di OPPO

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di OPPO. Sekarang ini sepertinya tak ada moment yang tidak kita abadikan dengan kamera OPPO kita. Rasanya sangat rugi jika kita pergi ke suatu tempat dan tidak melakukan sesi foto-foto.


Yups, hal tersebut bisa terjadi ketika kamera OPPO kamu mengalami error atau muncul pesan “sayangnya kamera telah berhenti”. Nah untuk memperbaiki hal tersebut, kamu perlu tau cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di OPPO berikut ini.

Cara Mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di OPPO 0


Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di OPPO


1. Hapus Cache-Cache Aplikasi

Kamu mungkin sering mendengar poin yang satu ini. Tapi memang benar, cache yang bertupuk dapat menyebabkan masalah pada aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di OPPO kamu. Selain melambatnya aplikasi, penumpukan ini juga dapat menyebabkan crash dan munculnya pesan tersebut. Jadi segera hapus cache-cache tersebut.

2. Hapus Data Kamera

Cara kedua mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di OPPO adalah dengan menghapus data kamera. Dengan melakukan ini, akan membuat kamera kamu menjadi lebih “segar” dari sebelumnya.

3. Bersihkan Latar Belakang

Kebiasaan kamu yang keluar aplikasi tidak dengan cara yang benar, dapat menyebabkannya terus berjalan di latar belakang, sehingga RAM menjadi terbebani dan membuat kamera yang sedang kamu buka jadi error. So silahkan bersihakan latar belakang dari aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.

4. Berhentikan Paksa Kamera

Cara memberhentikannya gampang, kamu tinggal membuka pengaturan lalu pilih aplikasi cari kamera kemudian pilih force stop atau berhentikan paksa.

5. Non Aktifkan Dan Aktifkan Kembali Kamera


Cara Mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di OPPO 1


Jika cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di OPPO diatas tidak berhasil. Silahkan coba cara ke empat ini, caranya gampang seperti nomor empat bedanya disini kamu harus memilik Non Aktif bukan berhenti paksa.

6. UnRoot Oppo

Dengan menormalkan kembali OPPO kamu, mungkin akan memperbaiki kamera OPPO kamu yang error. Yups bisa jadi Root yang kamu lakukan tidak cocok atau tidak berjalan dengan baik di OPPO.

7. Hapus Kamera Unduhan

Memang menyenangkan menggunakna kamera dengan berbagai efek, yang tersedia di play store. Tapi kadang kamera yang kita unduh dari sana, malah tidak kompatibel dengan kamera bawaan OPPO kamu. Hal inilah yang menyebabkan crash, sebaiknya hapus saja kamera unduhan tersebut.

8. Restart OPPO

Ini cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di OPPO termudah bagi saya, yups ketika kamera OPPO kamu tiba-tiba error, silahkan lakukan restart. Karena mungkin saja errornya itu disebabkan karena sebuah kegagalan system.

9. Lepas Pelengakp OPPO

Yang saya maksud dengan pelengkap disini adalah baterai, SIM card dan kartu memori. Coba matikan OPPO kamu lalu lepas pelengkap yang saya sebutkan diatas, diamkan beberapa menit kemudian pasang lagi.

10. Update Sistem Operasi OPPO


Cara Mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di OPPO 2


Dalam jangka waktu tertentu OPPO selalu meluncurkan versi sistem operasi baru. Dan jika kamu termasuk yang malas dalam mengikuti perkembangannya, maka tidak heran aplikasi-aplikasi termasuk kamera kamu bermasalah. Cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di OPPO karena ini tentu saja dengan meng-update system operasinya.

11. Factory Reset

Baca Juga: 
10 Cara Menghemat Baterai OPPO Agar Tidak Cepat Habis
10 Aplikasi HP OPPO Android Terbaik Yang Harus Terpasang
10 Cara Mengatasi HP Oppo Sering Mati Sendiri

Cukup tekan tombol power lalu pilih factory reset, tapi dengan mengambil tindakan ini kamu akan kehilangan semua data di OPPO kamu. Jadi saya sarankan untuk mem-backup semua data di memori internal OPPO kamu.


Itulah kesebelas cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di OPPO, semoga salah satunya dapat menjadi solusi yang tepat untuk kamu. Tentu saja setelah berhasil mengatasinya kamu dapat kembali berfoto-foto ria kembali. Have a good shoot !