search-button

Jan 10, 2019

10 Cara Memperbaiki "Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti" di HP Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM - Sebelum  kita membahas bagaimana Cara Memperbaiki “Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti” Di HP Xiaomi, alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu Peluncur Sistem. Peluncur Sistem atau yang biasa disebut Launcher adalah nama yang diberikan ke bagian interface pengguna Android yang memungkinkan pengguna menyesuaikan layar awal misalnya desktop ponsel, meluncurkan aplikasi seluler, melakukan panggilan dan melakukan tugas lain di perangkat.

Ada kalanya kamu mendapatkan pesan atau teks yang mengatakan "Sayangnya, peluncur sistem telah berhenti." And boom ...! you can’t do anything with your phone kecuali kamu memperbaiki masalah Android ini. I’ll help you then ini dia 10 Cara Memperbaiki “Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti” Di HP Xiaomi.
Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti di HP Xiaomi

Cara Memperbaiki "Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti" di HP Xiaomi

1. Restart

Cara pertama dan paling sederhana adalah dengan mencoba me restart Xiaomi kamu. Udah tau dong cara me restart xiaomi kamu, gak perlu dijelasin kan. But jika me restart tidak membuahkan hasil, coba cara selanjutnya

2. Bersihkan Cache

Mungkin saja peluncur kamu bermasalah dikarenakan Cache yang telah menumpuk, dan kamu lupa atau terlalu malas untuk membersihkannya. Nah, untuk memperbaikinya kamu perlu membersihkannya, bisa dengan cara manual atau dengan aplikasi aplikasi pembersih cache yang tersedia di play store.

3. Hapus Data Aplikasi

Cara selanjutnya yakni Hapus Data Peluncur Sistem. Dengan menghapus data Launcher akan membuat peluncur kembali pada bentuk default. Gak tau caranya ? ikuti langkah
-langkah berikut. Oh cara ini saya gunakan pada Xiaomi Redmi Note 4X dengan OS Android Nougat v7.0.

Buka menu Settings » Aplikasi Terinstall » Pilih “Launcher/Peluncur Sistem” » Selanjutnya klik “Hapus Data” » kemudian klik “Hapus Semua Data”.

4. Upgrade MIUI

Biasanya, kesalahan pada tampilan terjadi karena menumpuknya bugs di Sistem. Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan Update MIUI Xiaomi dengan begitu melakukan secara otomatis bugs atau kerusakan pada Launcher akan diperbaiki. Cara meng upgrade nya adalah sebagai berikut:

Buka menu Settings » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » klik “Perbarui” » lalu ikuti langkah selanjutnya…..

5. Factory Reset/ Kembali ke pengaturan pabrik

Saya ingatkan untuk membackup atau memindahkan file-file yang tersimpan di internal HP Xiaomi kamu, karena dengan melakukan reset factory maka semua data yang tersimpan di internal memory kamu akan terhapus. Tapi HP Xiaomi kamu akan kembali seperti baru lagi. Berikut langkah – langkahnya untuk mereset factory HP Xiaomi kamu.

Buka menu Settings » Settings Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian klik “Setel Ulang Telepon”.
Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti di HP Xiaomi

6. Flash

Cara selanjutnya adalah dengan mem- Flash HP Xiaomi kamu, kamu bisa membawanya ke service center atau melakukannya sendiri. Tapi ingat jangan coba-coba kalau tidak bisa dan tidak memiliki tools seperti  Mi Flash dan ROM  yang sesuai dengan sistem awal.

7. Lepas Launcher “gadungan”

Apa kamu memasang Launcher “gadungan” ? jika benar kamu memasang Launcher gadungan atau launcher dari source yang tidak jelas atau yang bukan original launcher dari Xiaomi, maka ini akan berefek pada fungsi kerja defult HP Xiaomi kamu. Karena itu sebaiknya segera lepas atau hapus Launcher gadungan itu dan gunakan Launcher original dari Xiaomi.

8. Hapus Apps mencurigakan

Kadang-kadang kita terlalu sering mendownload aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu sering kita gunakan atau bahkan tidak berguna dari situs-situs tidak terpercaya, nah mungkin ini juga penyebab dari berhentinya launcher Xiaomi kamu. Maka saya sarankan untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

9. Bersihkan Virus

Pada saat browsing biasanya ada banyak iklan di situs yang kita kunjungi dan membuat kamu mendownload software, foto, video, dan file lainnya tanpa kamu sadari. I’ll tell you sebenarnya itu adalah virus yang masuk pada HP Xiaomi kamu. Lama-kelamaan virus yang telah masuk dan tersimpan akan merusak sistem yang ada. Hal ini merupakan penyebab terjadinya kerusakan pada sistem Launcher. Karena itu segeralah bersihkan virus-virus tersebut dan cobalah untuk tidak terkena lagi.

10. Perbaiki Koneksi internet

FYI ketika membuka aplikasi dengan internet tentunya agar berjalan dengan sempurna maka diperlukan koneksi yang cukup , namun ketika HP Xiaomi kamu memiliki sinyal atau koneksi internet yang lemah maka hal ini sangat berdampak pada kerusakan sistem operasi. Jadi saran saya, gunakanlah provider yang memiliki signal yang bagus di tempat kamu.

Demikianlah cara memperbaiki “sayangnya, peluncur sistem telah berhenti” di HP Xiaomi. Mungkin ada sedikit perbedaan-perbedaan langkah dikarenakan tipe HP Xiaomi kamu dan saya perbeda , mohon di sesuaikan saja. Ok have a great day.
Baca Juga:
10 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Agar Tidak Cepat Habis
Cara Membuka Kunci Pola Xiaomi yang Lupa
10 Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi Cepat Panas dan Boros