search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Berakhir

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi Jitu Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Koneksi Berakhir bisa dilakukan dengan mengikuti tips mudah ini. Ada berbagai macam masalah yang biasa dihadapi oleh pengguna saat akan memasang aplikasi dari play store. Misalnya terjadi kesalahan pada server, sayangnya google play store telah berhenti, unfortunately google play store has stopped hingga batas waktu koneksi berakhir.

Berbagai kesalahan tersebut memang tak selalu muncul setiap saat kita akan install aplikasi. Hanya terjadi dalam waktu tertentu saja. Dan ketika muncul error kesalahan batas waktu koneksi berakhir di aplikasi play store ini, maka kita akan gagal memasang aplikasi. Penyebab kesalahan google play batas waktu berakhir ini biasanya terjadi karena beberapa faktor. Misalnya, kecepatan koneksi internet yang lambat atau karena banyaknya cache di aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Berakhir

Solusi Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Koneksi Berakhir

Untuk mengatasi masalah yang menyebabkan tidak bisa menginstall aplikasi dari play store di Android bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Anda bisa menerapkannya pada smartphone Samsung, Xiaomi, Oppo, ASUS Zenfone, Advan, Lenovo, Sony Xperia dan merk lainnya.

1. Hapus Update Aplikasi di Play Store.
Mengatasi Batas Waktu Koneksi Berakhir

Aplikasi google play store merupakan aplikasi bawaan yang biasanya sudah terinstall disemua merk smartphone Android. Secara default aplikasi ini akan mengupdate secara otomatis jika versi terbaru sudah diluncurkan. Untuk itu kita bisa mengembalikannya ke versi awal dengan cara tap Settings » Application Manager » Google Play Store. Setelah masuk ke info app play store tap tombol Uninstall Update.
2. Hapus Data dan Cache Aplikasi Play Store.
Tak jauh berbeda dengan cara pertama, kita masuk kedalam tampilan info app play store tetapi kali ini dengan membersihkan datanya. Tap saja tombol Clear Data.
3. Periksa Kecepatan Koneksi Internet.
Saat kita mencoba untuk mengunduh aplikasi dari play store dan muncul kesalahan batas waktu koneksi berakhir, bisa disebabkan karena koneksi internet yang lambat. Untuk itu tutup aplikasi lain yang berjalan pada background kemudian periksa kecepatan internet. Anda bisa mengikuti tutorial ini Cara Menampilkan Kecepatan Internet Android Di Status Bar.
4. Install Aplikasi Dari File APK.
Sebagai alternatif saat Anda tidak bisa install aplikasi dari play store adalah dengan mengunduh file apk. Tetapi sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur “unknown sources” agar Android mau memasang aplikasi di luar aplikasi play store.
5. Factory Reset.
Kesalahan yang muncul tak hanya batas waktu koneksi berakhir saja, tak jarang kita pun akan melihat error seperti periksa sambungan dan coba lagi. Dan jika Anda telah menerapkan cara diatas tetapi masih kesulitan untuk mengunduhnya dari play store, lakukan saja factory reset agar smartphone Android kembali bekerja dengan baik. Back up terlebih dahulu sebelum Anda melakukannya Cara Backup Data Android Sebelum Factory Reset.

Kesimpulannya, cara mengatasi google play batas waktu berakhir bisa dilakukan dengan beberapa cara diatas. Pastikan Anda mengikuti langkahnya secara bertahap. Jika Anda memiliki kendala lain, silahkan berkomentar.
Baca juga: