search-button

Jan 10, 2019

3 Cara Mengatasi Tidak Dapat Membuka Mikrofon Google Now

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara mengatasi tidak dapat membuka mikrofon Google now bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut ini. Bagi pengguna smartphone yang aktif menggunakan layanan Google apps, suatu saat mungkin akan mengalami hal ini. Pada saat kita mengucapkan “Ok Google”, tiba-tiba muncul keterangan mic yang tidak bisa berfungsi. Anda pun mungkin akan kebingungan bagaimana hal ini bisa terjadi?

Google now adalah salah satu layanan dari Google apps dimana ia tersedia di semua smartpone Android. Dengan membuka aplikasi ini, Anda akan langsung disuguhkan dengan berbagai tren penelusuran terbaru, prakiraan cuaca hingga saran dari berita yang sedang trending hari ini. Namun bagi beberapa pengguna, akan muncul keterangan tidak dapat membuka mikrofon.

Tidak Dapat Membuka Mikrofon Google

Mengatasi Tidak Dapat Membuka Mikrofon di Google Now Android


Cara menggunakan Ok Google di Android sangatlah mudah karena kita hanya perlu mengaktifkannya melalui setelan Google Apps. Fitur pencarian suara ini bisa dilakukan dengan dua mode yakni secara online maupun offline. Pada dasarnya, fitur ok google ini akan mengetahui model suara Anda melalui mikrofon smartphone. Jika mikrofon ini tidak terdeteksi oleh Google apps, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan fitur ini. Tapi tak usah khawatir, ikuti beberapa tips berikut untuk mengatasi tidak dapat membuka mikrofon.
  1. Update Google Apps. Jika Anda sering menggunakan fitur pencarian suara atau “Ok Google”, pastikan aplikasi Google selalu berada pada versi terbaru. Atur agar google apps di perbaharui secara otomatis melalui pengaturan di Play Store.
  2. Bersihkan Cache Menggunakan Clean Master. Hasil penelusuran yang Anda lakukan kemarin, akan disimpan sebagai file cache didalam smartphone. Cache ini bisa rusak atau kadaluarsa dan tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab tidak dapat membuka mikrofon.
  3. Reboot Smartphone. Matikan smartphone Anda kemudian cabut baterai, sim card dan micro SD selama beberapa detik. Setelah itu pasangkan kembali dan hidup kan smartphone.

Kesimpulannya, cara mengatasi tidak dapat membuka mikrofon di Google now bisa dilakukan menggunakan beberapa langkah diatas. Dan yang paling penting adalah aplikasi Google Apps harus selalu up to date. Jika Anda mengalami masalah lain terkait dengan fitur ini silahkan berkomentar.
Baca juga: