search-button

Sep 10, 2019

Cara Kompres Foto 4MB Jadi 200KB, 700KB Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara kompres foto di Android untuk memperkecil ukuran MB menjadi KB sangatlah mudah. Jika smartphone kamu dibekali dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP, setiap mengambil foto ukurannya pasti akan berada diatas 1MB – 2MB. Dengan mengatur resolusi gambar paling tinggi, tentunya kamu ingin agar setiap foto yang diambil akan menghasilkan gambar yang lebih jelas, lebih bersih dan juga tajam. Dan apakah memori eksternal kamu memiliki kapasitas diatas 4 GB? Sama seperti saya, ada ratusan koleksi foto yang semuanya berukuran sangat besar dan menghabiskan kapasitas memori.

Salah satu cara untuk mengembalikan kapasitas penyimpanan adalah dengan memilih lalu menghapus foto yang dianggap kurang begitu bagus. Permasalahnnya, bagaimana jika semua foto yang berukuran besar tersebut ternyata semuanya bagus? Simak cara kompres foto di Android dan memperkecil ukuran MB nya agar memori kamu kembali luas dan tidak perlu menghapus koleksi foto tersebut.

Cara Kompres Foto Di Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Resize MyPix adalah aplikasi kompres foto Android yang dapat memperkecil ukuran foto HD tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri. Pada dasarnya, aplikasi ini akan memperkecil ukuran megabyte (MB) sebuah foto menjadi ukuran kilobyte (KB) dengan menurunkan resolusi pixel dari foto asli tanpa mengurangi kualitas. Dengan begitu, kamu dapat mengoleksi lebih banyak foto di memori internal atau SD card tanpa khawatir kehabisan kapasitasnya.

  1. Pasang aplikasi Resize MyPix dari Play store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian kamu akan langsung melihat koleksi foto dari galeri yang menampilkan ukuran (MB) hingga resolusi pixel.

  3. Cara Kompres Foto Di Android
  4. Pilih semua foto yang ingin kamu kompres ukurannya. Disini, saya mengambil 1 foto dengan ukuran 4MB yang beresolusi 3264 x 2448.
  5. Centang foto tersebut hingga berwarna hijau selanjutnya tap ikon resize dibagian menu atas.
  6. Pada menu Pixel, gulirkn kebawah lalu pilih resolusi tertinggi yang tersedia disana Pada contoh ini saya memilih 1024px.
    Aplikasi Kompres dan Memperkecil Ukuran Foto di Android
  7. Tunggu beberapa detik hingga prosesnya selesai.
  8. Perhatikan pada contoh, kamu bisa melihat foto yang sebelumnya 4MB kini menjadi 733KB.
  9. Terakhir, tap ikon Save untuk menyimpannya.
Salah satu kunci untuk kompres foto di Android tanpa mengurangi kualitas gambar terletak pada pemilihan resolusi pixel itu sendiri. Semakin kecil resolusi yang kamu pilih, maka akan semakin menurunkan ukuran foto tersebut
Baca juga: