search-button

May 6, 2014

3 Cara Efektif Agar Blog Tidak Bisa Di Copy Paste

   
Advertisements
Advertisements
Saya sangat yakin topik dan tutorial agar blog tidak bisa dicopas sudah banyak dipublikasikan dan dibahas. Namun dari cara-cara tersebut, akan ada perbedaan manakah teknik terbaik untuk diterapkan di blog anda tujuannya tidak lain untuk melindungi agar artikel yang sudah anda tulis melalui proses trial and error tidak di publikasikan ulang tanpa seijin anda. Saya sendiri awalnya tidak begitu peduli dengan hal ini, namun seiring banyaknya orang iseng melakukan copy paste tanpa edit dan tanpa ijin membuat saya harus melakukannya. Bayangkan 3 dari 4 blog yang saya jalankan artikel dan isinya banyak di copas dan di klaim. Yang saya rasakan adalah sakit hati. Bukankah seorang BLOGGER PROFESIONAL itu "Mencari kawan, mencari ide, meneliti, menghasilkan, menyimpulkan, menuliskan dan mempublikasikan?" bukan "COPAS dan menyakiti perasaan orang lain".

Agar blog tidak bisa di copas


Dari sana saya meneliti bagaimana agar isi postingan atau blog tidak bisa di salin dan hasilnya saya menemukan 3 teknik yang efektif untuk membuat orang iseng tak beretika semakin membuang waktu mereka untuk berbuat kejahatan.

Teknik I. Cara Agar Blog Tidak Bisa Di Klik Kanan Dengan jQuery
Teknik pertama adalah dengan menggunakan jQuery/JS. Yang akan saya terapkan adalah agar blog atau postingan artikel anda tidak tidak bisa di Ctrl+A Ctr+C dan tidak bisa di klik kanan. Caranya :
1) Masuk ke dashboard blog anda klik Template lalu lakukan back up
2) Klik Edit template lalu cari jQuery didalam syntax template blog anda seperti ini
<script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.10.2/jquery.min.js">

3) Letakkan kode dibawah ini tepat dibawah jQuery tersebut
</script>
<script type="text/javascript">
$(document).ready(function(){$(document).bind("contextmenu",function(a){a.preventDefault()})});function keypressed(){return false}document.onkeydown=keypressed;
</script>

4) Klik Simpan
Sampai teknik pertama ini, blog anda tidak bisa di copy karena telah melakukan disable right-click dan disable Key. Belum selesai karena artikel anda masih bisa di blok dengan melakukan seleksi manual melalui mouse. Untuk itu anda perlu teknik selanjutnya.

Teknik II. Cara Agar Blog Tidak Bisa Diseleksi/Diblok Dengan Menggunakan CSS
Teknik kedua ini dengan menggunakan CSS yang harus bekerja di semua browser. Baik itu di browser engine webkit, moz maupun peramban yang lainnya. Caranya :
1) Masuk ke Edit Template
a) Cari selector body lalu tambahkan tiap properties yang ada didalam kolom syntax dibawah ke dalam selector body tersebut
b) Atau langsung saja tempatkan css syntax dibawah tepat diatas ]]></b:skin>
body{
user-select: none;
-webkit-user-select: none;
-moz-user-select: none;
-ms-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
}

2) Klik simpan
Sekarang blog anda tidak bisa di klik kanan atau diblok baik itu dengan menggunakan Ctrl+A Ctr+C maupun dengan seleksi mouse. Jangan senang dulu karena blog anda masih bisa di salin melalui blog feed! Dan kedua teknik ini akan sia-sia jika anda tidak mengatur feed blog tersebut. Itulah alasan kenapa banyak blogger yang masih mengeluh karna blognya di copas meskipun mereka sudah memasang script untuk disabling right-clik.

Teknik III. Cara Agar Feed Blog Tidak Bisa Di COPAS
1) Masuk ke pengaturan/settings blog anda lalu klik Lainnya/Others
2) Pada bagian Site Feed, pilih Allow Blog Feed lalu ubah menjadi Until Jump Break

Melindungi blog agar tidak bisa di copy paste

Dengan mengatur teknik ke III ini, kita akan memaksa tukang copas untuk membuka dan membaca artikel full dari feed tersebut ke halaman blog dan hasilnya mereka akan menghadapi teknik I dan II.

Itulah cara melindungi artikel atau posting blog agar tidak bisa di copy paste. Jika masih bingung atau anda punya cara dan teknik lain silahkan berkomentar. Happy coding!