search-button

Apr 22, 2014

10 Tips Wajib Untuk Melindungi Perangkat Android

   
Advertisements
Advertisements
Tips Melindungi Perangkat Android Agar Tetap Aman. Teknologi yang semakin canggih dan kebutuhan akan konsumsi penggunaan koneksi internet menjadikan tablet dan smartphone android dijadikan pilihan terbaik untuk menyokong aktifitas dan kegiatan penting sehari-hari. Alasannya karena perangkat android memiliki banyak aplikasi gratis dan berbayar yang sangat berguna. Mulai dari membantu untuk mempermudah pekerjaan, untuk proses belajar mengajar, digunakan untuk sekedar hiburan atau untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang gadget canggih ini sehingga dikemudian hari mereka akan lebih pintar dan bijak untuk menggunakannya. Terlepas dari semua itu, ada hal penting lain yang harus anda perhatikan yaitu kemanan dan perlindungan baik terhadap data-data pribadi maupun terhadap perangkat android itu sendiri. Lalu bagaimana cara melindungi dan meningkatkan keamanan di android?

Tips cara melindungi perangkat android

Tips Untuk Melindungi dan Meningkatkan Keamanan Android :

1) Kunci layar perangkat android anda
Semua tablet maupun hp android mempunyai fitur ini. Screen lock merupkan pintu gerbang untuk melindungi android device anda dari orang yang mencuri, meminjam atau menemukan perangkat android anda baik secara disengaja maupun tidak. Gunakanlah pin, password maupun pattern Caranaya pergi ke Settings > Personal > Security > Screen Lock.

2) Password Akun Yang Kuat
Gunakan kata sandi yang dikombinasikan antara huruf, nomer dan karakter unik sebanyak minimal 8 karakter. Jangan pernah menggunakan tanggal, bulan atau tahun lahir sebagai password dari akun-akun anda. Gunakan kalimat unik yang paling mudah di ingat seperti hal yang paling anda benci, tetapi hal tersebut tidak pernah anda beritahu kepada orang lain. Atau ada ide lain? Selain itu gunakan 2 factor verification pada akun anda dan ini benar-benar harus anda lakukan. Google dan Dropbox mempunyai fitur ini.

3) Update semua password anda minimal 90 hari sekali
Hal ini benar-benar berhasil dan akan tetap membuat akun dan perangkat android anda aman. Buat sebuah pengingat di google calender agar dia bisa memberitahu kapan saatnya anda harus mengganti kata sandi secara berkala.

4) Jangan Menyimpan Password Di Perangkat Android
Ini adalah kesalahan besar yang sering dilakukan banyak orang. Dengan dalih untuk mempermudah mengakses akun banyak orang yang menyimpan kata sandi di android device mereka. Sekalipun anda menggunakan sebuah aplikasi penyimpan master password berbayar, orang jahat dan malware mempunyai cara jitu untuk dapat mengintip password anda tersebut. Dan saya pribadi mempunyai pengalaman buruk tentang hal ini. Jangan sampai anda menyesal dan meminta tolong kepada orang lain. Ambil satu buah pulpen dan kertas kecil saat ini juga lalu tulis semua password dan simpan di dompet.

5) Percaya Pada Goole Play Store
Google itu sangat pitar, mereka akan melakukan scanning otomatis terhadap semua aplikasi yang terdapat di Google Play Store. Dan jika mereka mendapati developer atau aplikasi android berbahaya, google akan segera memblokir dan menghapusnya. Itulah alasan kenapa Google Play Store menjadi tempat teraman untuk mendownload aplikasi baik secara gratis maupun berbayar.

6) Lihat Review Dari Aplikasi Yang Hendak Dipasang
Akan ada banyak pengguna yang memberikan tinjauan terhadap sebuah aplikasi di google play store yang hendak akan anda pasang. Ingat! Bintang 5 bukan berarti sebuah aplikasi itu aman bagi smartphone android anda. Sempatkan 2 menit untuk membaca deskripsi, tanggal terakhir aplikasi itu diperbaharui, fitur-fitur dan hal wajib lain sebelum aplikasi android ini bisa bekerja dan berjalan di tablet android anda.

7) Pasang Antivirus
Antivirus dapat melindungi perangkat andoid dari serangan malware yang di tanam di aplikasi dan dapat membahayakan bagi device android itu sendiri maupun bagi privasi anda. Gunakan antivirus yang benar-benar anda percayai.

8) Update aplikasi anda
Semua aplikasi memiliki bugs, dan biasanya para pengemabnag atau developer akan membuat perubahan dan perbaikan jika sumber bugs tersebut telah diketahui. Aktifkan fitur update otomatis atau lakukan update secara manual agar perangkat android anda tetap aman.

9) Aktifkan fitur Back Up Data Otomatis Atau Lakukan Secara Manual
Tidak ada yang mau kehilangan device android. Terutama jika perangkat android tersebut digunakan untuk produktifitas dan aktifitas kegiatan sehari-sehari. Untuk itu jika perangkat anda menyimpan data-data yang penting baik data pribadi maupun file-file pekerjaan, lakukanlah back up secara offline di PC maupun di Tempat Teraman dan Terpercaya Untuk Menyimpan Data di cloud storage.

10) Locate, Ring dan Wipe
Anda akan mulai gelisah dan merasa tidak nyaman ketika smartphone atau tablet android anda dicuri atau hilang. Segera aktifkan salah satu fitur tersebut jika anda mengalami situasi seperti ini. Pada perangkat samsung, anda bisa Mengaktifkan Fitur Akun Samsung Kendali Jarak Jauh atau anda bisa memasang aplikasi Look Out! Aplikasi ini pernah saya coba pada posting Cara Menemukan Perangkat Android Yang Hilang atau Dicuri.

Itulah rentetan tips terbaik untuk melindungi perangkat android baik itu tablet android maupun smartphone android agar android device dan data-data anda tetap aman dan terlindungi.