search-button

Jan 14, 2014

Mempercepat dan Menaikkan Proses Loading Blog

   
Advertisements
Advertisements
Proses dari waktu pemuatan halaman blog maupun halaman loading website menurut saya tergantung dari kecepatan internet pengunjung. Semisal berat atau ukuran posting blog anda mencapai 3MB tetapi jika pengunjung blog memiliki kecepatan 10mb/second maka mereka hanya perlu menunggu 1 detik saja untuk melihat blog anda. Sayangnya tidak semua pengunjung blog anda memiliki kecepatan internet semacam itu, dan saya akan menyimpulkan hanya 1.000 dari 8.000 pengunjung yang datang ke blog anda yang mempunyai kecepatan internet seperti itu, lalu bagaimana dengan sisanya?

Mempercepat proses pemuatan loading blog

Jika anda berkarir sebagai seorang penulis di blogger anda harus selalu memikirkan situasi terburuk salah satunya yaitu menganalisa dan meneliti kecepatan blog baik itu dengan menggunakan layanan page speed testing tool atau melakukan survey langsung ke para pengunjung blog anda. Saya memberikan contoh bahwa ada sisa 7.000 dari 8.000 pengunjung unik setiap hari yang akan datang dan ingin membaca artikel atau kiriman di blog anda tetapi mereka hanya mempunyai kecepatan internet 20kb/second maka inilah tips yang harus anda lakukan agar para pengunjung blog tidak lari karna membuang waktu untuk menunggu pemuatan posting blog anda yang berukuran 3MB tersebut dan tentu saja terlalu berat bagi kecepatan internet mereka.

Optimalkan template blogger anda untuk mempermudah browser membaca dan menampilkan konten blog


1) Kompresi CSS
Sebagai contoh anda ingin menambah fitur kedalam template blog yang diterapkan dari sebuah blog tutorial dan andapun harus memasukkan kode CSS kedalam template blog anda tetapi salahnya anda tidak melakukan kompresi dan akibatnya akan membuat kecepatan lari dari blog anda terganggu, lakukan kompresi dengan CSS Compressor Tool tetapi anda harus berhati-hati karna dalam beberapa tool, ada value dari properti CSS yang akan berubah atau terhapus, pilihlah CSS compressor tool yang support CSS3 dan agar memudahkan untuk dibaca kompreslah per-selector jangan langsung semua dari atas ke bawah.

2) Kompres dan Penempatan Dari JavaScript
Seperti CSS andapun bisa melakukan kompresi terhadap javascript dan meletakkannya diatas </body> tujuannya agar mereka bekerja pada saat pengunjung sudah mulai membaca artikel anda.

3) Buatlah Blog Anda Menjadi Responsive
Anda tidak akan pernah tahu apakah pembaca dan pengunjung unik akan datang dari PC, tablet atau ponsel. Buatlah lah design blog anda menjadi reponsive baik itu dengan css3 Media Query atau dengan javascript/jQuery agar blog anda dapat menyesuaikan diri dengan ukuran layar device dari pengunjung.

4) Efek Didalam Blog
Jika blog anda termasuk kedalam kategori yang harus menampilkan banyak efek, berhentilah menggunakan jQuery dan mulailah menggunakan efek animasi maupun efek lainnya dengan menggunkan aturan animasi CSS3 karna didalam template blogger menggunakan efek dengan jQuery biasanya lebih sering memasukkan atribut eksternal.

Optimalkan isi posting untuk mempercepat proses pemuatan kiriman dari blog


1) Penggunaan Jenis Webfont Yang Terlalu banyak
Ingat pengunjung blog anda bukan saja datang dari google chrome, tetapi mereka juga mengakses blog anda dari berbagai jenis browser. Jangan menggunakan terlalu banyak jenis webfont yang mempersulit untuk dibaca oleh device maupun browser.

2) Kompresi Gambar
Yang harus anda lakukan adalah melakukan kompresi terhadap ukuran dari gambar atau foto, bukan memperkecil dimensi lebar atau panjangnya. Karna ketika anda memperkecil dimensi hal ini akan membuat gambar anda tersebut hancur dan terlihat seperti karakter mario bross yang warnanya kotak-kotak.

3) Optimalkan Konten Video
Jangan melakukan autoplay terhadap video diposting blog karna selain akan membuat pengunjung kaget dengan suara dari video anda yang tiba-tiba muncul, hal ini juga akan memperlambat elemen lain di dalam blog anda.

Berhentilah menggunakan widget yang tidak berguna


1) Widget Promosi
Buanglah widget yang melakukan permintaan http dari situs pihak ke 3 atau widget yang tidak berguna bagi pembaca blog seperti widget Alexa Rank, HitStat, Lencana directori atau sejenisnya. Menurut saya anda tidak perlu memasang widget tersebut toh anda sudah mempunyai laporan sendiri di Google Analytic maupun didalam overview dashboard blog anda. Dan sebenarnya widget-widget tersebut sifatnya hanya ingin menyombongkan blog dan hal itu justru bisa jadi boomerang bagi anda karna thief bisa saja mengintip artikel-artikel dan kata kunci hebat dari blog anda untuk dimuat ulang diblog mereka. Belajarlah dari Matt Cuts atau para Bapaknya SEO luar negeri karena mereka para profesional tidak memasang widget semacam itu.

2) Widget Social Media
Badge atau lencana dari akun situs jejaring social anda sangat penting bagi blog. Aturlah widget ini agar tidak membuat blog anda tersiksa seperti hanya menampilkan tombol like dan follow tanpa harus menampilkan wajah dari para pengikut dan hal ini akan menguntungkan sekaligus membuat blog anda melakukan pemuatan lebih cepat.

Sekarang pilihlah tips diatas agar sesuai dengan tema atau kategori dari blog anda. Optimalkan kecepatan loading semua elemen blog saat pengisian tanpa mempengaruhi atau membuat pemuatan kiriman blog anda terasa memberatkan bagi pengunjung. Semoga bermanfaat, Kudos!