search-button

Nov 20, 2013

Cara Upload Video Ke YouTube Dari Blogger

   
Advertisements
Advertisements
Anda pasti bertanya-tanya tentang judul dari kiriman ini apa mungkin bisa mengunggah video ke YouTube dari blog? Saya akan menunjukkan caranya namun kali ini berbeda dari YouTube upload widget karena pada kiriman ini saya akan menggunakan YouTube Direct Lite yang di pasang khusus di posting atau halaman blog dengan tujuan untuk memudahkan bagi pengunjung blog anda untuk melakukan upload langsung dari blog anda.

upload video youtube dari blog

YouTube Direct Lite adalah sebuah proyek sumber terbuka yang dibuat oleh para pengembang YouTube pada tahun 2012 yang bisa digunakan oleh publik dimana fitur ini memiliki 2 widget. Pertama yaitu untuk mengirim atau mengunggah video dan yang kedua adalah widget untuk menampilkan video yang telah diunggah. Sebelum video tersebut dapat ditampilkan di widget kedua, pemilik blog dapat melakukan moderasi terhadap video-video mana saja yang diizinkan dan video mana yang ditolak untuk ditampilkan, dan video-video yang di upload melalui YouTube Direct Lite ini akan terikat dengan playlist dari pemilik channel tersebut.



Persiapan:

1) Pergi ke laman administrasi lalu klik Log in

2) Pilih channel YouTube yang ingin dijadikan sebagai tempat untuk menampung video

Admin direct lite

3) Buatlah nama Playlist khusus untuk video yang di upload oleh pengunjung blog lalu klik Create new playlist

playlist

4) Anda akan diberi 2 kode iframe, yang pertama kode untuk menampilkan widget YouTube Uploader dan Yang kedua kode untuk menampilkan playlist atau video-video yang telah di upload oleh pengunjung. Salinlah kode tersebut ke dalam notepad.

salin kode


Penerapan :

1) Log in ke akun Blogger lalu klik Page

2) Klik Halaman baru lalu pilih Halaman kosong

3) Pilih mode HTML lalu pastekan kode kedalam halaman tersebut

4) Klik Pratinjau

5) Jika sudah selesai dengan kostumisasi dari halaman tersebut klik Publikasikan

Sekarang anda sudah mempunyai halaman khusus bagi pengunjung untuk melakukan unggah video dari blog langsung ke Youtube dengan menggunakan YouTube Direct Lite.