search-button

Oct 1, 2013

Mengatasi Foto Profil Tidak Muncul Di Hasil Pencarian Google

   
Advertisements
Advertisements
Menampilkan foto profil di pinggir artikel hasil pencarian merupakan salah satu kelebihan tersendiri bagi anda para penulis artikel di blogger anda dan saya yakin anda telah berusaha dengan berbagai cara agar google dapat memunculkannya. Jika anda sudah mengikuti cara validasi google autorship baik itu melalui validasi email ataupun melakukan linking pada blog mungkin anda sudah benar melakukannya, tetapi bisa saja anda juga telah melewati hal-hal kecil lain yang penting dan bisa menjadi penghambat besar kenapa foto anda tersebut sampai saat ini belum juga muncul.

autorship tidak muncul

Silahkan periksa blog anda di Google Structure Data Testing Tool untuk memastikan foto anda muncul disana dan terdapat kalimat berwarna hijau bahwa autorship anda sudah terverifikasi. Jika memang foto dan keterangan valid sudah ditampilkan di laman tersebut lalu kenapa tidak muncul di hasil pencarian? Harus menunggu berapa hari? berapa bulan? berapa tahun agar bisa muncul?

Berikut adalah sebagian kecil penghambat dari pertanyaan anda tersebut.

1) Foto Profil Google Plus Anda.
(1) Jangan menggunakan gambar kartun atau foto yang tidak memiliki wajah. 
gambar kartun Memang benar Google tidak punya mata, tetapi ia mempunyai kemampuan untuk menandai sebuah foto yang memiliki wajah atau tidaknya. Meskipun saya sendiri sering menemukan autorship menggunakan gambar kartun atau foto karikatur dari si penulis artikel, tetapi saya yakin mereka mempunyai trik tersendiri untuk dapat menampilkan gambar tersebut di SERP.


(2) Jangan menggunakan foto orang terkenal.
foto artisGoogle itu pintar, dia bisa tau mana wajah Brad Pitt dan mana wajah Sikabayan, karena google sudah menandai dan juga sudah tau bentuk lekuk spesifik wajah dari para artis atau orang-orang yang sudah terkenal seperti Brad Pitt jadi tidak mungkin foto yang dipakai Sikabayan untuk mengklaim dirinya itu bisa muncul sebagai author di hasil pencarian.


(3) Jangan menggunakan foto yang menunjukan jari tengah dan gambar binatang peliharaan.
kura-kura Tau alasannya kenapa? tidak sopan. Lalu google akan berkata tidak mungkin seekor kura-kura bisa menulis artikel, maka google akan menolak gambar-gambar tersebut yang dijadikan sebagai foto autorship.




(4) Resolusi foto anda terlalu kecil.
Foto buramFoto-foto yang buram menyulitkan google untuk membaca atau menandai wajah anda, ganti foto anda dengan ukuran resolusi yang cukup, tetapi ingat harus terdapat wajah dan terbaca saat melakukan unggah dengan memperhatikan kalimat yang akan muncul pada garis berwarna kuning, sementara ukuran minimum dari foto profil google plus sendiri adalah 250px X 250px.

2) Pengaturan di akun Google plus.
Pernahkan anda memperhatikan yang satu ini? ingat akun blogger dan akun google plus adalah layanan yang berbeda dari Google. Di mana masing-masing dari mereka mempunyai cara pengaturan tersendiri. Contoh misalkan blog anda sudah diatur agar bisa dibaca oleh publik tetapi disisi lain anda tidak mengatur akun google plus ke publik maka sampai kapanpun foto anda tidak akan pernah muncul di hasil pencarian google. Disinilah anda harus mengatur dari kedua akun tersebut agar bisa saling terkoneksi atau mempunyai pengaturan publik yang sama. Caranya masuk ke laman Google Plus Setting lalu arahkan mouse anda kebawah dan ubahlah semua ke pengaturan publik.

3) Nama anda berbeda.
Yang saya maksud disini adalah nama di antara akun blogger dan akun google plus. Dimana misalkan artikel yang anda tulis di blogger "Posted by Admin" sementara nama akun google plus anda "Sikabayan Del Piero" maka pasti google tidak akan menampilkan foto anda. Ubahlah nama Admin menjadi Sikabayan Del Piero agar keduanya mempunyai nama yang sama dan dapat divalidasi sebagai author oleh google.

4) Penempatan Markup Author yang salah.
Pastikan anda tidak menempatkan link rel="author" didalam css yang tidak ditampilkan atau "display:none" pada template blogger anda. lalu jangan lupa untuk memasukkan link blog anda di bagian Google Plus Contributor to dengan pengaturan publik. Sementara pada template blogger saya hanya cukup menempatkan mark up tepat pada bagian footer credit seperti ini
<a href='https://plus.google.com/100491524059474900821' rel='author' target='blank'></a>

Setiap kali saya merubah foto profil dengan mengikuti ke empat tips diatas tersebut, saya hanya menunggu waktu sekitar 12 jam agar foto baru saya bisa muncul di SERP, tidak perlu menunggu berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Demikian tips diatas semoga bisa membantu anda untuk dapat menampilkan foto autorship di hasil pencarian google. Good Luck!

image source : Pixabay.com
Updated :
Saat ini Google telah merubah kebijakannya dalam hal menampilkan gambar Authorship di Google SERP. Silahkan baca artikelnya disini :
Kenapa foto Authorship menghilang dihasil pencarian google?