search-button

Aug 7, 2017

Apa Itu Google Assistant? 10 Tips Dasar Cara Menggunakannya

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOM – Tips Trik Menggunakan Google Assistant di Android ini akan membantu kamu memaksimalkan fitur dari aplikasi google yang satu ini. mungkin kita sudah memiliki aplikasi google assistant ini namun kurang memaksimalkannya. Jika dimaksimalkan smartphone kamu akan tampak lebih pintar dan mengurangi banyak pekerjaan jari. Berbagai fitur yang ada bisa kamu manfaatkan dengan baik. Bahkan membantu kamu melakukan pekerjaan sehari hari dengan semakin mudah.

Aplikasi google assistant memang dibuat untuk membantu para pengguna smartphone android untuk menyelesaikan pekerjaan sehari hari dengan bantuan suara. Jadi hanya dengan mengandalkan perintah suara kamu bisa melakukan banyak hal bahkan tanpa menyentuh layar smartphone. Kira kira seperti apa saja tips untuk memaksimalkan pekerjaan dengan smartphone menggunakan google assistant ? simak uraian dibawah ini.

Apa Itu Google Assistant

Memaksimalkan Fungsi Google Assistant di Android

1. Sesuaikan Bahasanya

Trik mudah maksimalkan google assistant adalah dengan mengubah bahasa yang digunakan. Kamu akan semakin mudah memberikan perintah pada google hanya dengan berbicara di telpon pintar yang kamu miliki. Pada saat artikel ini dibuat, Google Assistant baru bisa mendukung “English (US)” saja. Tapi dikemudian hari, fitur ini pasti akan mendukung perintah suara menggunakan Bahasa Indonesia.

2. Tidak Perlu Menggunakan Aplikasi Bantuan Pengenal Suara atau Lagu

Jika kamu pernah menggunakan aplikasi yang digunakan untuk mencari judul lagu dan penyanyinya dengan menggunakan suara seperti shazam, sounhound dan lainnya, kini kamu tidak perlu menggunakanya. Fitur google yang satu ini telah mampu menggantikan kerja mereka. Misalnya ketika kamu sedang berjalan jalan atau sedang mendengarkan lagu, kemudian kamu tertarik dengan lagu tersebut, kamu tinggal menghidupkan layanan google assistant kemudian menanyakan, apa judul lagu tersebut ? maka google akan menjawab dan mencarikan info mengenai lagu tersebut

3. Menggunakan Perintah Suara “OK Google” Dari Mana Saja

Fitur ok google merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk menggunakan perintah suara dalam mengakses google tanpa menyentuh layar. Nah kamu kini dapat menggunakan fitur ini bersama google assistant. Kamu bisa memberikan perintah melalui suara dari layar smartphone kamu di bagian manapun.

Cara mengatur setting ini, masuk ke bagian setting voice kemudian ok google detection di aktifkan, pilih from any screen kemudian ok. Dengan mengaktifkan fitur ini kamu bisa menggunakan ok google bahkan dalam kondisi smartphone yang idle.

4. Bertanya Lebih Lanjut

Keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya yati google voice adalah kemampuan google untuk mengingat pertanyaan yang telah kamu ajukan. Bahkan kamu bisa bertanya lebih lanjut mengenai pertanyaan kamu sebelumnya. Misalnya , sebelumnya kamu pernah bertanya siapa pencipta lagu Indonesia raya ? setelah di jawab oleh google kamu bisa bertanya lagi mengenai informasi detail atau biografi dari pencipta lagunya tersebut

5. Kurangi Interaksi Jari Dengan Smartphone

Dengan memaksimalkan fungsi dari google assistant ini, kamu akan mengurangi interaksi jari terhadap smartphone. Saat kamu sedang mengemudi, mengerjakan banyak pekerjaan, atau menulis tentunya bantuan fitur ini sangat membantu.

Kamu hanya cukup berbicara atau memberikan perintah suara pada smartphone, kemudian smartphone kamu yang akan melakukan pekerjaannya. Bahkan fitur google terbaru ini sudah bisa posting di twitter, menyuruh untuk sms, menelon atau memutar music, meminta untuk skip atau back dan lain lain.
Baca Juga:

6. Penerjemah

Cara Menggunakan Google Assistant

Trik memaksimalkan google assistan di android bisa kamu lakukan dengan cara menjadikanya sebagai penerjemah pribadi. Hal ini akan sangat membantu kamu yang sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan bahasa asing. Selain itu dengan menggunakan fitur ini, juga memangkas waktu untuk menggunakan google translate.

Jika kamu travelling keluar negeri atau ke berbagai daerah yang tidak terbiasa menggunakan bahasa local daerah setempat, google assistant akan sangat membantu kamu dalam memahami percakapan yang terjadi. Paling tidak kamu bisa mencari kalimat yang benar untuk menanyakan jalan ataupun pergi ke tempat makan.

7. Mengingat Alamat

Fitur dari google assistant ini perlu kamu manfaatkan. Apalagi jika kamu orang yang tidak mudah hafal tempat dan jalan. Misalnya ketika kamu pernah mengunjungi tempat makan atau meeting di suatu tempat dengan klien kamu dapat memanfaatkan fitur reminder pada google dan menambahkan keterangan pada lokasi tersebut. Sehingga kamu bisa memerikasanya kembali.

8. Permudah Urusan Harian

Kamu bisa mengatasi kesibukan kamu atau agenda yang akan kamu lakukan dengan google assistant. Misalnya kamu memiliki jadwal penerbang jam 5 pagi, kamu tinggal memberikan perintah untuk set alarm pada jam tertentu untuk membangunkanmu. Kamu juga bisa meminta beberapa fungsi dasar seperti menyalakan senter atau menyalakan gps tanpa menyentuh layar smartphone.

9. Membuka Pesan Terbaru

Kini kamu bisa mengetahui isi pesan yang baru masuk pada smartphone kamu tanpa harus menyentuhnya. Kamu cukup memberikan perintah untuk membacakan pesan yang terbaru masuk pada smartphone kamu. Google akan membacakan paling tidak lima pesan terbaru yang masuk pada messenger kamu. Nah bagaimana semakin mudah urusan hari-hari kamu bukan dengan bantuan google assistant?

10. Memberikan Akses Informasi Terbaru

Tips Trik Menggunakan Google Assistant di Android juga bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui akses informasi terbaru yang sedang trend. Kamu bisa menanyakan kepada google mengenai informasi apa yang kini tengah kamu cari dan tengah populer. Dari perintah kamu kemudian google akan memberikan beberapa suggesti untuk dibacakan. Bahkan google juga bisa memberikan suggest informasi berdasarkan pencarian yang telah kamu lakukan di google search sebelumnya.

Itulah beberapa penjelasan secara dasar cara menggunakan google assistant agar lebih maksimal lagi dalam membantu aktivitas kita sehari-hari. Semoga bermanfaat.
Baca Juga: