search-button

Jul 29, 2017

10 Cara Mengatasi HP Oppo Sering Mati Sendiri

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOM – Solusi Ampuh Cara Mengatasi HP Oppo Sering Mati Sendiri Agar Bisa Kembali Bekerja Dengan Baik. Masalah yang terjadi pada hp Android tentunya akan berbeda-beda. Namun, tidak jarang ketika menggunakan smartphone Android yang merknya sama justru mengalami masalah yang sama pula. Entah itu kesalahan pengguna atau kerusakan bawaan. Banyak orang yang mengeluhkan ketika menggunakan hp Android mati sendiri, walaupun baterai masih full. Tentu hal ini akan membuat penggunanya merasa tidak nyaman.

Apalagi ketika hp tersebut sedang digunakan dalam kegiatan yang sangat penting. Tentunya akan sangat menggangu dan membuat kita merasa kesal. Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara mengatasi smartphone Oppo yang mati sendiri agar bisa kembali bekerja dengan baik.
Penyebab HP Oppo Mati Sendiri

Penyebab HP Oppo Mati Sendiri

Mungkin akan timbul pertanyan kenapa hp oppo sering mati sendiri? Tentu saja banyak faktor yang mengakibatkannya terjadi, dan berikut adalah beberapa faktor umum secara garis besar yang menjadi alasan hp oppo sering restart.
  • Banyak File Sampah yang Tidak Anda Bersihkan Seperti Cache.
  • Kerusakan Pada Sistem Operasi Android.
  • Kesalahan Fatal yang Diakibatkan Error Pada Aplikasi.
  • Sering Menggunakan Aplikasi atau Game Versi Beta.
  • Android Telah di Root.
  • Overload Pada Hardware CPU, RAM, dan GPU.
  • Terjadi Overheat atau Terlalu Panas.
  • Custom ROM yang Tidak Cocok Dengan Spesifikasi Smartphone.
  • HP Sudah Terlalu Lama Digunakan dan Belum Pernah Di Factory Reset.

Cara Mengatasi Oppo yang Mati Sendiri

Cara Mengatasi HP Oppo Sering Mati Sendiri

Jika Anda mengalami hal yang sama seperti yang telah dijelaskan diatas, simak beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Bersihkan Cache Android

Kenapa oppo tiba-tiba mati? salah satunya adalah terjadi penumpukkan cache. Sehingga ketika Anda mengalami masalah tersebut silakan untuk menghapus cache terlebih dahulu, karena cara ini merupakan cara yang paling mudah yang Anda bisa lakukan. Untuk menghapusnya Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Clean Master, Anda bisa mendownloadnya di Google Play Store secara gratis.

2. Hapus Aplikasi atau Game

Jika Anda terlalu banyak mengintal aplikasi dan game berat, sebaiknya hapus sebagian saja karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang akan membuat smartphone menjadi lemot bahkan restart sendiri. Hal ini disebabkan karena ketika banyak aplikasi yang terpasang akan memakan banyak ram dan memori internal sebagai penyimpanan data.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Cocok Dengan Hp Anda

Penyebab hp oppo mati sendiri adalah adanya aplikasi yang tidak compatible dengan hp Anda. Mungkin Anda tidak bisa membedakan mana aplikasi yang cocok dan tidak. Sederhana saja, jika terdapat aplikasi yang mengalami sering error misalnya force close, atau membuat lag hp Anda maka tandanya aplikasi tersebut tidak compatible. Anda bisa menghapusnya dengan cara:
  • Buka Pengaturan
  • Kemudian pilih Aplikasi
  • Selanjutnya tap pada aplikasi yang sering mengalami error
  • Jika sudah, pilih Copot pemasangan
  • Selesai
Saran saya sebelum Anda mencopotnya, maka terlebih dahulu Anda hapus data aplikasi tersebut, supaya data yang tersimpan di hp Anda juga ikut terhapus.

4. Instal Aplikasi Anti Virus

Dengan menggunakan aplikasi anti virus tentu Anda akan mengetahui bahwa smartphone Anda terkena virus atau tidak, jika iya maka lakukan pembersihan. Karena dengan adanya virus atau malware akan membuat hp Anda jadi error. Aplikasinya bisa Anda download di Play Store, cari yang aplikasi yang paling bagus dan cocok.
Baca juga:

5 Cabut Micro SD

Sering kali orang tidak mengetahuinya, bahwa jika terjadi masalah hp oppo mati sendiri bisa disebabkan oleh Micro SD yang error. Untuk itu silakan Anda cabut Micro SD dan diamkan beberapa saat, jika masih tejadi lagi maka saya sarankan untuk tidak menggunakan kartu sd tersebut atau jika ingin menggunakannya maka ganti dengan kartu sd yang masih bagus.

6. Unroot Android Anda

Jika sebelumnya hp Anda telah di root, setelah itu sering mengalami mati sendiri. Hal itu bisa disimpulkan dengan melakukan root adalah penyebabnya. Jadi supaya Android Anda bisa digunakan seperti biasanya maka harus melakukan unroot telebih dahulu. Anda bisa mengunroot bisa lewat aplikasi root yang terinstal pada smartphone Android Anda.

7. Masuk ke Safe Mode

Safe mode berfungsi untuk memaksa Android berjalan pada mode aman. Jadi hp oppo sering mati karena muncul keterangan seperti launcher telah berhenti, maka Anda bisa masuk ke mode ini dan menghapusnya. Caranya silahkan baca di Cara Masuk Safe Mode HP Oppo Android Semua Versi.

8. Update colorOS dan Android OS

Apabila memang sudah tersedia pembaruan ROM bawaan colorOS atau Android OS untuk model smartphone Oppo Anda sebaiknya segera di perbarui. Tentu saja tujuan dri adanya update adalah untuk menambal bugs yang menjadi penyebab oppo yang sering mati sendiri.
Baca juga:

9. Factory Reset

Jika semua cara diatas tidak berhasil juga, maka silakan Anda coba cara ini dengan mengembalikkan smartphone Android Oppo ke kondisi semula atau pengaturan pabrik. Backup terlebih dahulu semua data Anda supaya nantinya tidak terhapus. Adapun caranya sebagai berikut:
  • Masuk Pengaturan
  • Lalu pilih Backup & Reset
  • Kemudian pilih Factory Data Reset
  • Terakhir tap Reset Phone
  • Selesai

10. Instal Ulang Firmware

Jika smartphone Oppo Anda telah dipasang Custom ROM tetapi masalah ini sering terjadi sebaiknya kemablikan lagi ke firmware bawaan dengan cara melakukan flash. Pastikan Anda memilih firmware yang sesuai dengan model smartphone Oppo saat ini.
Solusi memperbaiki hp oppo sering restart ini bisa Anda terapkan di seri Oppo Joy, Oppo Neo, Oppo Mirror 5, Oppo R7, Oppo F1 dan seri lainnya.
Itulah beberapa tips Cara Mengatasi HP Oppo yang Mati Sendiri dan bisa Anda coba satu-persatu mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.