search-button

Sep 24, 2017

5 Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Panduan lengkap memperbaiki dan Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi atau selalu gagal ketika memindai bisa dilakukan dengan beberapa tips ini. Fitur sensor fingerprint memberikan jaminan keamanan yang lebih baik untuk memproteksi privasi Anda di dalam smartphone. Salah satu alasannya adalah karena sidik jari tiap pengguna berbeda-beda sehingga jika ada orang yang mencoba membuka smartphone Anda tanpa izin, akan selalu gagal.

Tak hanya kelas atas, produk smartphone mid-range besutan Samsung pun kini telah dibekali dengan sensor fingerprint. Adapun diantaranya adalah seri galaxy J5 prime, galaxy J7 prime, galaxy A3 2017, galaxy A5 2017 dan seri lainnya. Tetapi tidak dipungkiri terkadang pengguna mengalami fingerprint samsung error pada saat akan digunakan. Misalnya muncul keterangan "An error has ocuured withe the fingerprint sensor". Lalu bagaimana Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi ini?

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Galaxy Error

Pada dasarnya, cara menggunakan fingerprint di hp samsung galaxy adalah dengan mendaftarkan sidik jari kita yang akan tersimpan di dalam smartphone. Bahkan pengguna bisa menambah lebih dari satu fingerprint jika memang diperlukan. Cara mengaktifkan fingerprint di samsung galaxy sendiri bisa kita lakukan melalui pengaturan kunci smartphone. Bagi Anda yang sudah menggunakannya tetapi selalu gagal terbaca, berikut cara memperbaiki fingerprint tidak berfungsi pada samsung galaxy.

1. Restart Smartphone

Sebelum melakukan metode yang lebih sulit, sebaiknya Anda melakukan restart atau reboot terhadap smartphone tersebut. Lebih baik lagi jika Anda melepaskan baterai, microSD dan juga SIM kemudian diamkan beberapa saat. Jika sudah, hidupkan kembali.

2. Bersihkan Cache Aplikasi Fingerprint

Sidik jari Anda yang telah terdaftar akan tersimpan didalam aplikasi Fingerprint. Aplikasi ini pun meyimpan Cache yang bertujuan untuk mempercepat pemindaian ketika kita menempelkannya pada tombol Home. Tapi terkadang cache ini bisa menjadi penyebab finferprint samsung galaxy tidak berfungsi. Cara membersihkan cache aplikasi fingerprint masuk kedalam “Settings » Application Manager » All”. Selanjutnya pilih Fingerprints dan tap tombol “Clear Cache”.

3. Menghapus Data Fingerprint

Berbeda dengan Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi di nomor dua, cara ketiga ini akan menghapus data sidik jari yang telah terdaftar di smartphone tersebut. Nantinya, Anda harus mengaktifkan ulang sidik jari Anda untuk membuka smartphone yang terkunci. Cara menghapus cache aplikasi fingerprint masuk kedalam “Settings » Application Manager » All”. Selanjutnya pilih Fingerprints dan tap tombol “Clear Data”.
Baca juga:

4. Menghapus Data Fingerprint Setelah di Root

Jika Anda baru saja melakukan root, tiba-tiba fitur fingerprint tidak berfungsi maka opsinya adalah dengan menghapus data menggunakan aplikasi Titanuim Backup. Caranya pasang aplikasi tersebut kemudian berikan akses root. Selanjutnya bukalah aplikasi ini dan masuk ke tab “Backup/Restore » Fingerprints”. Jika sudah ditemukan, pilih “Wipe Data” dan tekan “OK”.

5. Lakukan Factory Reset

Apabila cara memperbaiki fingerprint samsung error diatas belum berhasil, cobalah untuk melakukan factory data reset. Tetapi sebelum melakukannya, pastikan Anda melakukan backup sebelum factory reset agar nanti lebih mudah untuk mentetting ulang smartphone tersebut. Caranya tap “Settings» Backup & Reset » Factory Data Reset”. Pilih “Reset Device” dan hapus semua datanya.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi. Langkah diatas tak hanya bisa Anda terapkan pada smartphone mid-range saja, bahkan untuk kelas high-end seperti samsung galaxy s6, galaxy s7, galaxy note 5 pun bisa mengikuti langkah tersebut.