search-button

Sep 10, 2019

Cara Translate/Menerjemakan Lirik Lagu Otomatis di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara translate lirik lagu di Android bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus melalui google translate. Ada banyak koleksi lagu didalam smartphone saya yang terdiri dari berbagai macam genre dan bahasa. Contohnya saja lagu dari sebuah band dari Inggris. Meskipun tidak mengerti dengan isi lirik tersebut, tetapi kita dapat mendengarkannya dengan penuh emosi dan perasaan yang dalam. Tak hanya tentang musiknya saja, suara vokalnya pun menjadi faktor kenapa kita menyukai sebuah band tertentu.

Untuk mempermudah kita dalam memahami isi lirik lagu tersebut adalah dengan menerjemahkan lirik bahasa inggris ke Indonesia. Mungkin Anda pun sering melakukannya yakni dengan cara menerjemahkannya melalui google translate. Bukan hal yang mudah untuk menerjemahkan lirik dengan teknik tersebut karena kita harus melakukan copy & paste terlebih jika layar smartphone Anda ukurannya cukup kecil. Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara translate lirik lagu di Android agar bisa tampil secara otomatis.

Cara Menerjemahkan dan Translate Lirik Lagu di Android

Cara Menerjemahkan Lirik Lagu di Android


Musixmatch adalah aplikasi pemutar musik dengan lirik gratis yang memiliki banyak fitur. Aplikasi ini dapat menampilkan berbagai lirik dari banyak lagu yang sedang Anda putar. Bahkan ia pun bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti Google Music hingga YouTube. Dalam update terbarunya pada Juli 2016, Musixmatch menambahkan fitur hebat yang sudah lama saya tunggu yakni translate lirik lagu.
  1. Pasang aplikasi Musixmatch dari Play store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih trek dari lagu yang berbahasa asing. Disini saya mencoba untuk menerjemahkan lagu dari Adele – Hello.
  3. Putar lagu tersebut kemudian tap tombol Translations kecil dibawah bar trek.
  4. Pada tampilan Select Language, akan tampil lirik Original yakni English.
  5. Gulirkan kebawah kemudian pilih Bahasa Indonesia.
  6. Maka, lirik lagu pun diterjemahkan secara otomatis.

Kesimpulannya, cara translate atau menerjemahkan lirik lagu di Android bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur translate di aplikasi Musixmatch. Tetapi tidak semua lagu bisa diterjemahkan karena hal ini tergantung dari kontribusi pengguna yang menerjemakannya ke bahasa lain.
Baca juga: