search-button

Sep 10, 2019

Cara Menampilkan Tanggal Pada Foto Kamera Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara menampilkan tanggal pada foto hasil jepretan dari kamera Android sebenarnya sangat mudah yakni menggunakan fitur timestamp dan datestamp. Namun tidak semua aplikasi kamera bawaan mempunyai fitur ini. Bahkan aplikasi kamera pihak ketiga pun masih jarang yang menghadirkan fitur timestamp agar jam, tanggal dan tahun bisa muncul didalam foto hasil jepretan kamera Android.

Secara teknis, setiap foto yang telah diambil oleh kamera jenis apapun termasuk DSLR dan kamera Smartphone akan dibekali dengan image metadata. Tujuannya untuk menyimpan berbagai informasi secara rinci kedalam foto seperti jenis kamera, ISO, lokasi GPS, DPI, kecepatan memotret, aperture termasuk tanggal dan waktu. Dengan begitu, orang lain bisa mengetahui detil pengambilan gambar dari informasi metadata tersebut. Lalu bagaimana cara menampilkan tanggal dan waktu pada foto kamera Android saat memfoto?

Cara Menampilkan Tanggal Pada Foto Android

Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu di Kamera Android

Saya adalah pengguna smartphopne Samsung Galaxy dan Andromax Es. Dikedua aplikasi default smartphopne tersebut, tidak tersedia cara menampilkan tanggal pada kamera Samsung atau Andromax itu sendiri. Maka solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu yaitu Open Camera.

Open Camera adalah salah satu aplikasi kamera terbaik favorit saya yang sudah lama digunakan sejak tahun 2014. Aplikasi gratis dan open source ini hanya memiliki ukuran dibawah 1MB tetapi fitur dan kemampuannya sangat mumpuni. Seperti fitur auto focus, burst camera, macro focus, angle, direction, pengunci fokus hingga memberi tanggal pada foto di Android.

Cara Menampilkan Timestamp Pada Foto Kamera Android
  1. Pasang aplikasi Open Camera dari Google play.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian tap Settings » Photo Settings » Stamps photos.
  3. Aktifkan fitur cara menampilkan tanggal dan waktu pada foto kemudian pada opsi Datestamp format dan Timestamp format, aturlah sesuai yang Anda inginkan.
  4. Sekarang cobalah untuk mengambil gambar maka tanggal dan waktu pun akan muncul didalam foto.

Kesimpulannya, aplikasi open camera bisa Anda gunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu pada foto kamera Android agar muncul didalam hasil jepretan. Hal ini menjadi solusi terbaik karena apliksi default rata-rata tidak dibekali dengan fitur tersebut.
Baca juga: