search-button

Sep 10, 2019

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Resolusi tampilan video, saat ini sudah mengalami peningkatan yang lebih baik. Sebagai pengguna smartphone, tak jarang kita sering melihat atau mendownload video dengan berbagai macam reolusi tampilan mulai dari HD video dan UHD video. Untuk menjalankan video HD, kita mungkin tidak akan kesulitan. Karena dengan menggunakan aplikasi video player bawaan pun, ia sudah bisa berjalan dengan baik. Tetapi, bagaimana cara memutar video 4k di Android yang merupakan salah satu jenis dari Ultra-high-definition?

Setiap aplikasi video player Android, memiliki batasan dan kemampuan tersendiri dalam memutar video. Bisa saja hal ini pun akan bergantung pada spesifikasi smartphone atau tingkat Android OS itu sendiri. Ketika aplikasi video player dipaksa untuk memutar video resolusi tinggi di Android, biasanya akan muncul keterangan “Tidak dapat memutar video ini”. Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti langkah video berikut ini.

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi/UHD di Android

Cara Memutar Video 4k di Android

Note: MX Player akan memutar video 4k di Android tetapi dengan gambar yang patah-patah dan terkadang terjadi lag.

MX Player adalah salah satu aplikasi video player Android terbaik yang sudah saya coba untuk memutar video 4k H.264 di Android. Aplikasi ini dibekali dengan berbagai kemampuan diantaranya adalah HW+ decoder dan multi-core decoding sehingga memungkinkan android memutar video dengan lebih baik. Yang harus kamu ketahui, untuk saat ini kebanyakan smartphone hanya mendukung terhadap resolusi video 2k. Secara teknis, sangat tidak mungkin layar Android menampilkan gambar 4k dan sepertinya hal ini juga harus didukung oleh prosesor dari smartphone itu sendiri.

Saat memutar video 4k di Android, smartphone membutuhkan GPU power yang lebih banyak dari biasanya. Apliksi video player lain, bahkan tidak menampilkan gambar sama sekali. Tetapi dengan menggunakan MX Player, video yang telah kamu ambil seperti dari action cam, akan ditampilkan.