search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Mengetahui Pengguna Wifi Hotspot Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tahukah kamu siapa saja yang sedang menggunakan wifi hotspot dari smartphone Android kamu? Fitur tethering & portable hotspot yang dimiliki Android akan membantu perangkat lain untuk dapat mengakses internet melalui wifi hotspot ini. Tak jarang, ketika kita sedang berada diluar dan ingin nonton YouTube melalui laptop, maka hotspot dari smartphone menjadi salah satu pilihan terbaik. Begitu pun ketika sedang asyik bareng teman, salah satu dari kita bisa mengaktifkannya lalu digunakan secara bersamaan. Tidak usah khawatir dengan kecepatannya karena saat ini, banyak operator yang sudah mendukung jaringan 4G sehingga akan membuat koneksi tetap cepat meskipun digunakan beramai-ramai.

Setelah kita mengaktifkan wifi hotspot di Android, biasanya akan muncul notifikasi jumlah perangkat yang tersambung didalamnya. Dengan ini pun, sebenarnya kita sudah mengetahui pengguna wifi melalui Android. Tetapi memang tidak ditampilkan secara detil baik dari Mac Address maupun IP adressnya. Jika kamu ingin tahu cara melihat pengguna wifi di Android yang dapat menampilkan semua informasi dari perangkat yang sedang tersambung seperti durasi waktu dan jam berapa ia mulai menggunakannya, berikut penjelasannya.

Cara Mengetahui Siapa Yang Menggunakan Wifi

Terdapat dua cara yang akan saya tunjukkan untuk melihat perangkat apa saja yang sedang menggunakan wifi dari hotspot Android kamu.
  1. Menggunakan Fitur Bawaan Smartphone.
    Cara Mengetahui Yang Menggunakan Wifi Android
    Khusus untuk smartphone Android dari Samsung, kamu dapat melihatnya dari pengaturan. Perhatikan pada gambar diatas. Caranya, tap Settings » Tethering and Mobile Hotspot » Mobile Hotspot. Kemudian lihat pada bagian connected device. Tap salah satunya maka akan ditampilkan informasi dari perangkat yang sedang menggunakan wifi kita dengan sangat detil.

  2. Menggunkan Aplikasi WiFi Hotspot – Share WiFi.
    Cara Melihat Pengguna Wifi Melalui Android
    Adalah aplikasi sederhana yang dapat menjadi alternatif jika didalam smartphone kamu tidak memiliki fitur untuk melihat perangkat yang sedang terhubung. Pada dasarnya kamu harus mengaktifkan hotspot dari aplikasi ini dengan membuat nama WiFi dan Password. Kemudian jika sudah ada perangkat yang tersambung, maka kamu hanya perlu menekan tombol User untuk melihat daftar pengguna wifi Android kamu.

Dengan cara mengetahui siapa pengguna wifi hotspot Android, maka kamu dapat melihat dan mengontrolnya dengan mudah.
Baca juga: