search-button

Sep 18, 2016

5 Langkah Cara Backup Data Aplikasi Android Tanpa Root

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara backup data aplikasi Android tanpa root dapat dilakukan dengan sangat mudah. Setiap aplikasi yang terpasang akan memiliki data pengguna didalamnya. Data ini biasanya tersimpan didalam sistem root dan tidak bisa di salin untuk dipindahkan. Ya, kecuali kamu melakukan root terhadap Android tersebut. Jenis data ini bisa berupa pengaturan, file, dokumen hingga user dan kata kunci untuk menggunakan aplikasi yang dimaksud. Data aplikasi Android ini sangat penting untuk tetap kamu gunakan didalam smartphone. Tetapi bagaimana jika kamu ingin pindah ke smartphone Android lain dengan menggunakan data yang sama? Salah satu caranya adalah dengan backup data aplikasi Android tersebut.

Sistem operasi Android sebenarnya sudah dibekali dengan fitur backup data aplikasi Android tanpa root. Dimana kamu dapat membackup pengaturan, aplikasi hingga kata sandi wifi ke server Google melalui akun yang kamu gunakan. Pada saat kamu ingin menggunakan smartphone lain, kamu dapat menggunakan akun tersebut untuk restore data dari smartphone sebelumnya. Namun cara backup data aplikasi Android tanpa root ini dirasa kurang memberikan banyak pilihan karena kita tidak dapat memilih dan menentukan sendiri aplikasi mana yang benar-benar penting dan ingin di backup.

Cara Backup Data Aplikasi Android Tanpa Root

Cara Backup Data Aplikasi Android Tanpa Root

Helium - App Sync and Backup adalah aplikasi backup data game dan data aplikasi Android tanpa root. Ia dapat kamu gunakan untuk menyimpan data aplikasi yang penting ke SD card atau cloud storage seperti Dropbox, Google Drive dan Box. Saya pun pernah membuat tutorial bagaiman cara backup data game Android dengan menggunakan aplikasi ini. Prosedur yang sama pun bisa kamu lakukan untuK backup data aplikasi Android tanpa root.
  1. Pasang aplikasi Helium di Play store.
  2. Agar Helium dapat membackup data aplikasi, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan memasang program Helium untuk PC/Laptop kemudian koneksikan dengan smartphone melalui kabel USB. Setelah itu akan muncul petunjuk seperti terlihat pada gambar di bawah yang menandakan Helium sudah aktif dan siap digunakan.
    Aplikasi Backup Data Android
  3. Cabut kabel USB dari PC kemudian buka aplikasi Helium.
  4. Pilih dan centang data aplikasi yang ingin kamu backup kemudian tap tombol Backup dibagian bawah.
  5. Terakhir pilih lokasi penyimpanan data aplikasi.

Cara Restore Data Aplikasi Android Dari Helium

Cara Restore Data Aplikasi Android
Untuk melakukan restore data yang telah di backup oleh Helium, buka aplikasi tersebut kemudian pilih tab Restore and Sync. Tap lokasi penyimpanan kemudian centang data aplikasi dan tap tombol Restore.
Dengan menggunakan aplikasi Helium, kamu bisa dengan mudah backup data aplikasi Android tanpa root.
Baca juga: