search-button

Jan 24, 2016

Cara Install Aplikasi Android Secara Offline

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Install aplikasi di hp dan tablet Android tanpa koneksi internet memang memiliki banyak keuntungan dan kekurangan tersendiri. Dengan memasang aplikasi Android secarta offline, anda akan dapat menghemat paket data yang telah dibeli. Terutama bagi anda yang hendak download sebuah game atau aplikasi dengan kapasitas MB yang cukup besar. Disisi lain, mungkin juga alasannya karena anda selalu gagal ketika download dan akhirnya tidak bisa terinstall.
Yang harus anda pahami adalah, ketika ingin install sebuah aplikasi secara offline, anda harus mengetahui jika aplikasi tersebut compatible atau tidak baik itu dengan OS Android maupun dengan hardware dari smartphone dan tablet yang digunakan. Karena bagaimanapun, jika sebuah aplikasi tidak compatible maka tidak akan berhasil untuk memasang dan menggunakannya. Satu hal lagi yang harus anda perhatikan, anda membutuhkan file dari aplikasi tersebut yang berekstensi dan dinamakan dengan Android application package (APK). Dan berikut akan coba saya jelaskan bagaimana carea yang aman agar berhasil untuk memasang aplikasi secara offline.

Install Aplikasi Android Tanpa Koneksi Internet

  1. Masuk ke akun google yang anda gunakan pada Smartphone dengan menggunakan browser di PC atau laptop. Alasannya, agar google dapat membaca dan mengetahui jenis dan type smartphone atau tablet apa yang anda gunakan.
  2. Masuk ke situs Google Play Store lalu cari aplikasi yang ingin di download. Sebagai contoh, disini saya ingin install aplikasi Skout.
  3. Perhatikan dibawah tombol Install, pastikan anda dapat melihat dan membaca “This app is compatible with your device”. Yang berarti saya bisa memasang aplikasi tersebut.
  4. Sekarang buka tab baru lalu menuju ke Google Search dan ketik lalu cari Download Skout.apk
  5. Setelah anda menemukan dan mengunduh aplikasi tersebut berupa file .apk, sekarang pindahkan ke dalam sebuah folder di micro SD yang digunakan di smartphone Android untuk di install.
  6. Buka android anda lalu tap Setting » Security » lalu centang Unknown Sources. Fitur ini digunakan agar Android anda bisa memasang aplikasi yang bukan didownload dari Play Store.
    cara install aplikasi apk android
  7. Sekarang buka file manager, disini saya menggunakan ES File Explorer lalu cari folder dimana anda meletakkan Skout.apk tadi. 
    install aplikasi android offline
  8. Terakhir tap file .apk tersebut lalu install dan tunggu prosesnya sampai selesai.
Pastikan anda mendownload file apk dari situs yang bisa dipercaya agar Smartphone dan Tablet Android anda tetap aman.