search-button

Jul 16, 2014

8 Tips Membuat Video Instagram Untuk Bisnis Online

   
Advertisements
Advertisements
Instagram sudah dijadikan sebagai lapak baru oleh para pemilik online shop terutama bagi Anda penjual yang khusus menargetkan dan menjual produk untuk konsumen lokal khusus di indonesia. Berbagai tips dan trik baik itu dengan menggunakan teknik marketing yang anda terapkan sendiri maupun tips yang anda baca mungkin sudah anda praktekkan dan sudah anda kaji seberapa berkembangkah peningkatan dari penjualan produk yang anda dapatkan. Dan salah satu tips yang pernah saya tulis adalah tentang 9 Tips Jitu Bisnis Online di Instagram.

Sebagaimana dijelaskan pada posting tersebut salah satu faktor untuk meningkatkan ketertarikan calon pembeli agar mereka membeli produk yang Anda jual adalah dengan membuat dan mengunggah foto yang lebih kreatif. Memang para pengguna Instagram tidak terbatas namun yang harus anda pahami adalah para pengguna aktif Instagram khususnya di Indonesia lebih banyak di dominasi oleh para pelajar, mahasiswa dan orang yang benar-benar mempunyai hobi tertentu. Dengan hal ini tentu saja para pengguna yang termasuk didalam kategori ini lebih menyukai sesuatu yang bisa langsung mereka lihat dalam artian bukan tertarik pada suatu produk yang mereka dengar dari seseorang. Hal ini akan menjadi suatu tantangan tersendiri bagaimana teknik marketing yang akan anda terapkan terhadap mereka agar tertarik dan membeli produk anda. Dan yang akan saya fokuskan untuk calon konsumen seperti ini yaitu dengan membuat video marketing di Instagram. Simak tips dan cara membuat video untuk meningkatkan bisnis online atau jualan kecil-kecilan Anda di Instagram secara profesional.

Cara Membuat Video Instagram Untuk Bisinis Online

#1 Apa nama toko online anda?
Sertakan nama toko online pada video anda karena hal ini sangat penting bagi calon pembeli yang melihat video marekting yang anda buat dan upload. Buatlah sebuah logo atau watermark lalu tempatkan disudut atas kanan atau kiri bawah tetapi tidak mengganggu dan menimbulkan kesan menghalangi tujuan utama yakni memperkenalkan produk yang Anda jual.

#2 Siapa Anda di mata calon pembeli?
Target konsumen dalam kategori ini tidak akan suka dengan sesuatu yang terkesan malu-malu dan tersembunyi. Dalam artian anda sebagai penjual cobalah untuk mengunggah dan membuat video tentang siapa sebenarnya anda, hobi yang anda sukai, tempat yang biasa Anda kunjungi, musik favorit yang sering Anda dengarkan atau lain sebagainya yang benar-benar akan membuat para calon pembeli mengenal lebih dekat siapa anda. Tujuannya untuk membangun sebuah kepercayaan sebelum mereka benar-benar membeli produk yang Anda jual. Ingat, target Anda adalah kategori pengguna Instagram yang aktif. Buatlah video dengan jarak seperti ketika anda mengambil foto selfie. Kendala yang akan anda hadapi untuk membuat video seperti ini adalah durasi waktu video instagram sediri yang hanya sekitar 15 detik.

#3 Pilih Judul Video
Memilih judul video sesuai dengan produk yang akan anda jual sangatlah penting. Bukan itu saja anda harus menuliskan dan menjelaskan secara rinci dari produk tersebut didalam form caption sebelum diupload lalu sertakan hashtag populer yang tertarget.

#4 Kategori Produk
Banyak produk yang anda jual? Misal Anda menjual Tablet dan Smartphone pastikan calon pembeli dapat melihat dengan jelas perbedaan dari masing-masing type dan nama produsen pembuat produk tersebut.

#5 Kejar Bazzar Buat Video
Aktifkah anda mengikuti pameran atau bazaar yang di adakan disekitaran kota dan tempat tinggal anda? Jika tidak mulailah untuk mencari informasi mengenai acara semacam ini lalu buat video kreatif yang menyertakan "Hey, Stand kami anda di acara bazaar ini loh, jangan lupa mampir ya ada diskon spesial bagi yang komen video ini, Sampai Ketemu!"

#6 Perlengkapan dan pembuatan video
Smartphone yang anda miliki dan mempunyai spesipikasi kamera HD tentu dapat menjadi salah satu keuntungan karena akan membuat gambar terlihat lebih jelas. Hidupkan laptop Anda lalu edit dengan menyisipkan dan menggunakan background musik yang lebih ceria. Ingat, jangan lebih dari 15 detik.

#7 Enggak perlu sewa seorang model, cukup sertakan sedikit humor
Terget pemasaran untuk menangkap calon pembeli dari kalangan anak muda enggak suka dengan hal yang terlalu serius. Balut video marketing anda dengan humor, banyakin senyum dan penuh dengan teki-teki. Kreatif kan!

#8 Buat video khusus untuk program Giveaway
Hal ini pernah saya tulis sebelumnya. Sekarang menjadi PR bagi anda bagaimana menentukan pemenang dari program giveaway yang anda anda lakukan lalu buat video tentang cara pembeli atau seseorang terpilih menjadi pemenang dari produk yang anda bagikan secara gratis.

Ada lagi ide kreatif dan menarik lainnya tentang cara membuat video marketing di instagram untuk bisnis online? Giliran anda untuk membuat konsep dan mempraktekkannya.