search-button

Sep 10, 2019

7 Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Kenapa Android tidak bisa terkoneksi ke Internet? Tidak biasanya atau terkesan aneh, tiba-tiba smartphone atau tablet Android tidak dapat mengakses internet baik dengan menggunakan koneksi paket data maupun wifi, entah itu untuk menggunakan browser, mengirim email, chat, maupun aplikasi favorit lainya. Dan tidak menutup kemungkin masalah ini akan timbul bagi anda yang baru saja mengganti kartu SIM atau baru saja membeli perangkat android baru yang belum mengetahui tentang pengaturannya.

Tentu saja jika mengalami hal semacam ini anda akan merasa sangat kesal, terlebih jika anda adalh penggunaka aktif yang menggunakan perangkat android tersebut untuk keperluan pekerjaan dan kegiatan yang membutuhkan dukungan dari perangkat android yang harus terkoneksi ke internet. Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi android yang tidak bisa connect ke internet.

android tidak bisa connect ke internet

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Terhubung dan Mengakses Internet

  1. Pengaturan Tanggal dan Waktu.
    Pastikan hal kecil semacam ini anda perhatikan, lihat pengaturan tentang time and date setting lalu sasuaikan dengan kondisi waktu saat ini.
  2. Aktifkan Koneksi Data.
    Untuk dapat mengakses internet tentu kita membutuhkan koneksi data. Pastikan koneksi paket data telah anda aktifkan, caranya masuk ke Setting – Wireless and Network – Mobile Network kemian centang Use Packet Data
  3. Flight Mode.
    Pancing sinyal dan koneksi internet dengan melakukan mengaktifkan dan mematikan mode penerbangan.
  4. Bersihkan Cache.
    Dalam beberapa kasus timbulnya masalah seperti, internal memori mempunyai kapasitas yang kecil atau sudah penuh sehingga tidak memungkin bagi aplikasi yang bekerja pada background untuk meminta data yang akan di terima oleh perangkat android melalui koneksi internet.
  5. Menambah atau Mengganti APN Setting.
    Biasanya APN akan dibuat secara otomatis pada smartphone anda, namun tidak menutup kemungkinan anda harus menggunakan pengaturan APN secara manual dan menyesuaikannya dengan provider dari kartu SIM yang anda gunakan. Untuk cara menambahkan atau setting APN tap Wireless and Network – Mobile Network – Access Point Name yang akan terlihat ada APN default dari provider yang anda gunakan, pilih satu persatu atau tap tombol menu untuk membuat yang baru.
  6. Matikan HP atau tablet adroid anda.
    Matikan gadget anda tersebut lalu cabut satu persatu mulai dari baterai, kartu sim dan kartu memori eksternal. Diamkan selama 10 detik lalu coba pasangkan dan hidupkan kembali.
  7. Android terkoneksi ke wifi tetapi tidak bisa mengakses internet.
    Beberapa pengguna mungkin akan mengalami hal semacam ini, android anda mampu terkoneksi dengan hotspot atau WiFi tetapi sayangnya anda tidak bisa mengakses internet. Untuk mangatasi hal tersebut, download aplikasi WiFix di google playstore atau anda bisa mencari file apk lalu install kemuadian tap tombol fix manually.

Sebenarnya masalah ini akan timbul bukan hanya pada pengaturan dari perangkat android saja, namun hal ini juga bisa terjadi jika lokasi anda saat ini menangkap kualitas sinyal yang lemah atau sedang dilakukan perbaikan jaringan oleh provider dari layanan kartu sim yang anda gunakan.