search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Menghemat Baterai OPPO Agar Tidak Cepat Habis

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOM – Inilah Cara Menghemat Baterai OPPO Agar Tidak Cepat Habis yang Sudah Terbukti Ampuh. Oppo merupakan salah satu vendor Smartphone asal Tiongkok yang produknya banyak diminati oleh pengguna smartphone. Oppo memang memiliki banyak kelebihan dan memiliki beberapa keunggulan yang mampu bersaing dengan produk kenamaan smartphone lainnya. Pasalnya vendor smartphone telah menghadirkan beberapa generasi Oppo dengan desain berkelas dan juga spesifikasi premium yang bisa dinikmati oleh pengguna smartphone.

Selain itu tampilannya yang berdesain kelas tinggi, Oppo juga menghadirkan kamera dengan hasil jepretan yang mengagumkan. Sehingga tidak heran para pecinta selfie berbondong-bondong memburu keluaran smartphone Oppo salah satunya Oppo F1 S. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki Oppo, namun smartphone Oppo ini juga memiliki kelemahan yang juga banyak di alami oleh smartphone dari vendor lainnya. Hampir semua smartphone Android baterainya cepat habis. Nah berikut ini akan kami jelaskan beberapa tips Cara Menghemat Baterai OPPO.

Cara Menghemat Baterai OPPO

Cara Menghemat Baterai HP OPPO

1. Hindari Memaksa Perangkat

Sebagian orang banyak yang melakukan overclocking yang bisa menjadikan smartphonenya menjadi lebih cepat ketika menggunakan suatu aplikasi tertentu misalnya beberapa game berat dalam satu smartphone. Namun hal tersebut tentunya memiliki resiko tersendiri. Dimana smartphone tersebut dipaksa lebih responsif sehingga menjadikan baterai oppo cepat panas dan habis. Untuk itulah sebaiknya kamu menghindari melakukan root dan memasang aplikasi game booster sekalipun dalam smartphone.

2. Perhatikan Temperatur Smartphone

Salah satu cara menghemat baterai oppo adalah selalu memperhatikan temperature HP Android kamu, pasalnya ketika kamu berlama-lama bermain game, atau menggunakan aplikasi lainnya sering kali HP Oppo kamu menjadi meningkat temperature device. Untuk itu jika kamu menemui kondisi HP Oppo kamu dalam keadaan seperti itu sebaiknya hentikan dulu penggunaan HP Oppo Android kamu agar tidak banyak memakan banyak penggunaan daya baterai. Diamkan smartphone kamu kurang lebih 3 hingga 5 menit kemudian bisa kamu pakai lagi.

3. Perhatikan Waktu yang Tepat Untuk Charging

Salah satu cara menghemat baterai oppo lainnya adalah dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan pengecasan. Dimana kamu harus mengusahakan melakukan charging HP ketika presentasi baterai yang masih tersedia minimal sebanyak 30% atau 40 % dan harus dicharge sampai presentase maksimal yaitu 100 % dan baru digunakan lagi.
Baca Juga:

4. Awasi Lamanya Saat Charging

Selain melakukan pengecasan ketika masih ber prosentase 30 atau 40 %, kamu juga harus memantau apakah baterai kamu sudah penuh atau belum dalam melakukan pengecasan. Kamu harus menjaga agar smartphone Oppo kamu juga jangan terlalu lama berhubungan dengan listrik. Selain itu usahakan ketika sedang di charge, smartphone kamu juga jangan digunakan terlebih dahulu. Pasalnya ketika arus listrik tengah masuk dan bebarengan ada arus listrik yang keluar karena sedang digunakan, akan menyebabkan waktu pengecharge an semakin lama. Disisi lain juga menjadikan baterai kamu menjadi lebih boros.

5. Meminimalisir Pemasangan Aplikasi

Salah satu langkah menghemat baterai smartphone Oppo adalah dengan meminimalisir penggunaan berbagai jenis aplikais. Tentunya kamu yang doyan banget dengan sosial media tentunya banyak sekali aplikasi sosmed yang terpasang di smartphone Oppo kamu. Untuk itu kamu harus memilah-milah aplikasi mana yang memang benar-benar kamu butuhkan agar daya baterai oppo awet dan tidak boros. Pasalnya banyak aplikasi yang bekerja di belakang background, misalnya saja aplikasi diantaranya Facbook, BBM, Line, Instagram, whatsapp dan masih banyak lagi. Untuk itulah kamu harus membatasi pemasangan aplikasi pada HP Oppo Android kamu.

6. Rutin Membersihkan File Cache

Kebanyakan pengguna smartphone seringkali tidak menyadari akan cache. Dimana file cache ini banyak menumpuk pada HP Oppo Android kamu. Cache ini muncul ketika kamu membuka sebuah aplikasi, tentunya terbayang bukan, berapa kali kamu membuka aplikasi misalnya instagram dalam sehari. Nah cache ini bisa rusak dan menjadi penyebab smartphone Oppo kamu cepat kehabisan baterai. Untuk cara menghemat baterai oppo dalam kurun waktu tertentu misalnya 3 hari sekali kamu bisa menghapus cache pada menu setting dan masuk ke dalam sub menu aplikasi.

7. Segera Non-aktifkan Fitur yang Tidak Piperlukan

Pada HP Oppo smartphone memang menyediakan banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Sebut saja blueetoth, GPS, wi-fi, data internet dan masih banyak lagi. Namun tentunya tidak semua fitur tersebut digunakan secara bersamaan dalam sekali waktu bukan. Nah untuk ituah kamu harus cermat dalam penggunaan fitur-fitur tersebut sebagai trik cara menghemat baterai oppo agar tidak cepat habis. Ketika fitur-fitur tersebut sedang tidak kamu gunakan, sebaiknya non-aktifkan terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk tidak membuang-buang daya baterai.
Baca Juga:

8. Pengaturan Kecerahan Layar

Tips cara menghemat baterai oppo yang paling mudah dan umum dilakukan adalah dengan menghindari fitur auto brightness. Pengaktifan fitur tersebut menjadikan baterai oppo kamu menjadi lebih boros. Ada baiknya kamu mengatur kecerahan layar HP Oppo Android kamu secara manual saja. Selain itu juga bisa menjaga kesehatan mata kamu ketika memandang layar dalam waktu yang lama. Pengaturan kecerahan layar secara manual juga bisa menjadi tindakan penghematan daya baterai. Untuk pengaturan kecerahan layar kamu bisa menyetingnya melalui menu setelah pilih layar dan kecerahan selanjutnya kamu bisa mengatur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan kamu.

9. Hindari Multi Tasking yang Berlebih

Untuk menjadikan baterai HP Oppo Android kamu semakin awet, tentunya kamu juga harus menghindari multitasking yang berlebih. Hal ini sering kamu lakukan ketika sedang bermain game dan kemudian langsung membuka beberapa aplikasi lain secara bersamaan tanpa menutup aplikasi sebelumnya secara benar. Tentunya akan banyak aplikasi yang aktif pada background dan membuat hp oppo cepat panas dan habis baterai.

10. Gunakan Aplikasi Pendingin

Salah satu cara menghemat baterai oppo yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi yang berfungsi mendinginkan HP dan baterai Oppo seperti aplikasi Greenify. Apliksi ini memiliki kemampuan untuk mematikan aplikasi lain yang sedang berjalan pada latar dan tidak sedang digunakan. Greenify adalah aplikasi pengehemat baterai oppo gratis. Download di Play Store.
Trik mengemat baterai hp Oppo Android ini bisa kamu terapkan diberbagai type atau seri seperti Oppo f1, oppo a37, oppo f3, oppo f3 plus, oppo neo 7, oppon f1s, oppo a77, oppo a57 dan yang lainnya.
Itulah beberapa tips cara menghemat baterai oppo yang bisa kamu terapkan dalam penggunannya sehari-hari. Semoga bermanfaat.