search-button

Oct 6, 2016

Mengembalikan File Terhapus Di Android Dengan DiskDigger

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Akhirnya berhasil lagi, mengembalikan foto, video, musik, dan dokumen yang terhapus di Android.  Perasaaan yang sangat kesal akan timbul ketika foto, video dan dokumen penting terhapus di Android tanpa di sengaja. Jelas saja, foto yang diambil di tempat tertentu tidak bisa tergantikan karena momen tersebut menyimpan banyak kenangan. Masih mending jika gambar dan video yang terhapus tersebut masih memiliki backup, bagaiman jika hanya tersimpan di kartu memori (MicroSD) yang saat ini digunakan dan hilang? Tenang saja, kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di Android yang saat ini Anda gunakan.

Cara Mengembalikan File Terhapus Di Android

DiskDigger, adalah sebuah aplikasi yang sering saya rekomendasikan untuk mengembalikan file yang telah terhapus di Android. Bukan hanya sekedar file hiburan seperti foto dan video saja. Namun ia dapat melakukan recovery terhadap berbagai jenis format file seperti jpg, png, mp4, 3gp, mp3, gif bahkan file dokumen sekalipun seperti ppt, pdf, xls, doc, dan zip. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android, baik itu yang tadinya tersimpan di memori internal maupun eksternal (MicroSD). Tampilan UI yang dimilikinya pun akan mempermudah penggunanya untuk menentukan jenis file yang dicari maupun lokasi penyimpanan. DiskDigger tersedia dalam versi gratis dan berbayar namun hanya dapat digunakan oleh perangkat Android yang sudah di root saja (rooted).

Cara Mengembalikan Foto, Video dan Dokumen Yang Terhapus di Android

  1. Download lalu pasang aplikasi DiskDigger dari Play store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih partisi dari lokasi file yang terhapus. Misal dari memori internal atau eksternal.
  3. Selanjutnya pilih jenis format file yang ingin di recovery. Jika ternya hanya foto, maka pilih saja JPG dan PNG. Tetapi jika file yang hilang di Android adalah video, maka pilih MP4 kemudian tap OK.
  4. Tunggu proses scanning sampai selesai.
  5. Jika sudah selesai maka semua file yang pernah Anda hapus akan muncul. Dari sini centang satu persatu foto yang sudah ditemukan.
  6. Tap tombol Save kemudian tap Save selected files locally.
  7. Terakhir, buka aplikasi galeri maka foto yang terhapus pun akan kembali muncul disana.

Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di Android dengan DiskDigger jika hp Anda belum di root? Triknya seperti ini, Anda dapat meminjam hape teman yang telah diroot kemudian masukkan MicroSD milik Anda. Selanjutnya ikuti cara diatas untuk mengembalikasn file terhapus di Android. Semoga berhasil.
Baca juga: