search-button

Jan 4, 2018

5 Cara Mengatasi Storage Space Running Out Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comMengatasi storage space running out di Smartphone dan Tablet Android. Jika Anda cukup sibuk dalam menggunakan Android setiap hari, baik untuk bermain game, menggunakan aplikasi, menonton video online, ataupun untuk online di media jajaring sosial pastinya sudah tidak asing lagi dengan pemberitahuan yang muncul seperti ruang penyimpanan tidak cukup, ruang penyimpanan tidak memadai atau ruang penyimpanan tidak tersedia. Hal ini bisa terjadi pada OS dan merk Android apapun. Baik itu pada Samsung galaxy, Sony Xperia, Lenovo, Oppo, Smartfren Andromax, Advan dan produk Android lainnya.

Kenapa dan apa penyebab Android storage space running out? Penjelasan sederhana seperti ini.
  1. Ruang penyimpanan terutama internal storage sudah habis dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang dipasang dan tidak ada ruang untuk aplikasi baru yang akan di install.
  2. Terlalu banyak cache yang belum pernah dibersihkan sama sekali. Cache adalah file sementara dimana ia berfungsi untuk mempercepat proses pemuatan yang kita lakukan. Baik itu pada saat kita menggunakan aplikasi maupun setelah kita berselancar di internet.
  3. Contoh lebih jelasnya, saya sering melihat dan memutar video di Instagram. Dan setiap kali saya melakukannya, Instagram secara otomatis menyimpan data dan cache dari video tersebut kedalam internal storage. Fungsinya tidak lain agar video instagram tersebut bisa berputar lebih cepat jika saya ingin memutarnya secara berulang-ulang.
File seperti inilah yang juga dapat menyebabkan terjadi nya pesan error “insufficient storage available” atau “not enough storage space” di Smartphone dan Tablet Android. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Storage Space Running Out Di HP Android

Langkah yang akan saya tunjukkan bisa diterapkan baik itu pada Android yang telah diroot maupun belum.
  1. Pasang aplikasi clean master di play store lalu gunakan fitur untuk membersihkan cache.
  2. Hapus aplikasi atau game yang jarang digunakan.
  3. Panggil kode *#9900# lalu pilih "Delete Dumpstate/logcat".
  4. Hapus cache dari aplikasi atau game tertentu. Sebagai contoh, jika saya ingin menghapus cache dari game Modern Combat 5 Blackout, maka saya masuk ke Setting » Application » Manage applications kemudian cari dan memilih icon game tersebut. Terakhir tap Clean cache.
    Mengatasi Storage Space Running Out Di HP Android
  5. Khusus untuk Android yang telah di root. Pindahkan aplikasi atau game yang telah terpasang agar lokasinya berada didalam MicroSD. Anda bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk melakukannya.
Kesimpulannya adalah, Anda harus sering membersihkan cache karena dengan melakukan cara tersebut bukan saja dapat mengembalikan internal storage agar menjadi lebih ksosng  tetapi juga dapat membuat Android berjalan lebih cepat karena cache yang telah kadaluarsa atau rusak sudah kita bersihkan. Itulah cara mudah mengatasi storage space running out di Tablet dan Smartphone Android.